WACANA POLITIK ISLAM DALAM MAJALAH PANDJI MASJARAKAT DAN GEMA ISLAM (1959-1967)

Abdul Rouf

Abstract


Kondisi perpolitikan di Indonesia (1959-1967) diwarnai persaingan antara golongan Islam dan komunis yang mendorong lahirnya Majalah Pandji Masjarakat dan Gema Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) gambaran umum politik Islam dan pers di Indonesia (1945-1967), (2) eksistensi dan wacana politik Islam Majalah Pandji Masjarakat dan Gema Islam (1959-1967), (3) perbandingan karakteristik wacana politik Islam Majalah Pandji Masjarakat dengan Gema Islam (1959-1967).

Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah menurut Kuntowijoyo. Tahapan penelitian meliputi: (1) pemilihan topik berdasarkan kedekatan emosional dan intelektual, (2) pengumpulan sumber yang dilakukan di Perpustakaan Kolase Ignatius dan Ghratama Pustaka, (3) kritik sumber yang terdiri dari kritik ekstern dan intern, (4) interpretasi guna menafsirkan fakta-fakta sejarah, dan (5) penulisan sejarah.

Hasil penelitian: (1) kondisi politik Islam di Indonesia diawali perjuangan umat Islam mempertahankan kemerdekaan sampai melakukan perlawanan terhadap komunis. Sementara itu, kondisi pers banyak mendapat kontrol penguasa khususnya ketika Demokrasi Terpimpin. (2) Pandji Masjarakat secara produksi mengalami perubahan oplah sedangkan secara redaksi mengalami pergantian pengurus akibat diberedel (1960), wacana politik Islam majalah tentang kebudayaan yang berketuhanan dan perlawanan terhadap komunis serta Orde Lama. Adapun Gema Islam oplahnya mengalami perubahan serta jajaran redaksinya relatif tidak berubah, sedangkan wacana politik Islam majalah tentang politik kebudayaan, seputar revolusi, Konferensi Islam Afrika-Asia, dan perlawanan terhadap komunis beserta Orde Lama. (3) Secara umum kedua majalah memiliki karakter yang tampak berbeda dalam sikap kompromi terhadap Orde Lama, namun memiliki persamaan dalam hal anti komunis dan menyelisihi Orde Lama -setelah terjadinya peristiwa G-30-S-.

 

Kata kunci: Wacana Politik Islam, Pandji Masjarakat, Gema Islam, 1959-1967.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


RISALAH

Jurnal Elektronik Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Berisi artikel skripsi mahasiswa S1 Pendidikan Sejarah

Penanggung Jawab     :  Dr. Dyah Kumalasari

Pimpinan Redaksi       :  Dr.Aman, M.Pd

Anggota Redaksi        :  Alifi Nur Prasetio N. , M.Pd

Admin e-Jurnal            : Triyanto