EFEKTIVITAS METODE MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FOTOGRAFI PADA SISWA KELAS X MULTIMEDIA DI SMK NEGERI 2 SEWON

Silvia Oksa

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penerapan metode pembelajaran Mind Mapping; (2) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode Non-Mind Mapping dengan metode Mind Mapping; (3) mengetahui efektivitas metode Mind Mapping pada mata pelajaran Fotografi pada siswa kelas X Multimedia SMK Negeri 2 Sewon.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan pola non-equivalent group design, yaitu dengan memberikan treatment (perlakuan) yang berbeda terhadap dua kelompok siswa yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, tes dan dokumentasi. Uji validitas instrumen dilakukan oleh expert judgement dan untuk soal tes menggunakan analisis butir soal dengan menghitung tingkat kesukaran dan daya beda, selanjutnya dilakukan uji reliabilitas dengan menggunakan program ITEMAN (Item and Test Analysis). Untuk uji prasyarat analisis, uji normalitas dengan menggunakan uji Shapiro-Wilk, karena data tidak berdistribusi normal maka tidak dilakukan uji homogenitas. Teknik analisis data untuk pengujian hipotesis menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test. Untuk pengujian pengkategorian efektivitas menggunakan uji N-gain.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan metode Mind Mapping dalam meningkatkan hasil pembelajaran di dalam kelas mata pelajaran Fotografi adalah sebagai berikut: presentasi/penjelasan dari guru, diskusi kelompok, menentukan pusat dan cabang-cabang Mind Mapping, pemberian tugas, presentasi hasil tugas dan pemberian penghargaan; (2) Ada perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara kelas yang menggunakan metode Non-Mind Mapping rata-rata 72,71 dengan kelas yang menggunakan metode Mind Mapping rata-rata 82,81 serta hasil perhitungan uji Wilcoxon Rank Sum Test yang menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,008 lebih kecil dari 0,05; (3) Penggunaan metode Mind Mapping cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Fotografi kelas X Multimedia SMK Negeri 2 Sewon dari hasil perhitungan rata-rata N-gain score kelas Mind Mapping sebesar 56,19%.
Kata Kunci : Mind Mapping, Hasil Belajar, Fotografi, Efektivitas
Abstract
This research aimed for (1) understanding the implementation of Mind Mapping method; (2) understanding the differences of students’ learning result between using Non-Mind Mapping method and using Mind Mapping method; (3) understanding the Mind Mapping effectiveness of photography subject for multimedia grade X students of SMK Negeri 2 Sewon. This research employed quasi experiment and non-equivalent group design pattern which giving different treatment for two groups of students divided into control group and experimental group. The subject of the research was even-semester multimedia grade X students of year 2015-2016 with 34 students for each class. This research was implemented into 4 meetings. The data collection techniques used was observation sheets, test and documentation. The instrument validity tested by using expert judgment as test question points was analyzed to measure the difficulty level and differentiating capacity, the reliability test employed ITEMAN (Item and Test Analysis). As for pre-condition analysis test, the normality test applied Shapiro-Wilk test and homogeneity test was not included for there was no normal distribution of the data. The data analysis technique to test the hypotheses was Wilcoxon signed rank test and for the affectivity of categorization test used N-gain test.
The research result showed: (1) the application of Mind Mapping method to improve the learning result in the classroom for multimedia subject resulted in: presentation or lecturing by the teacher, group discussion, determining the core and the branches of Mind Mapping, assignments, presenting the assignment and awarding; (2) there was significant result between the group of students used Mind Mapping and non-Mind Mapping ones. It was reflected on the posttest of non-Mind Mapping group with the result of 72,71, on the other hand the Mind Mapping class was 82,12 supported by Wilcoxon Rank Sum test with the significance of 0,008 which was lower than 0,05; (3) the application of Mind Mapping method was effective to improve the learning of photography subject of multimedia grade X SMK Negeri 2 Sewon. This was proved by the N-gain score of Mind Mapping class with the value of 56,19%.
Keyword: Mind Mapping, Learning Result, Photography, Affectivity

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/e-jpti.v5i5.4727

Refbacks

  • There are currently no refbacks.