PENGEMBANGAN BUKU SEKOLAH ELBKTRONIK (BSE) BERBASIS MULTIMEDIA SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN WEB BIDANG KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER JARINGAN DI SMK NEGERI 2 PENGASIH

Panggih Tribowo Prakoso

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengembangkan bukrr sekolah elektronik berbasis multimedia sebagai sumber
belajar pada mata pelajaran pemrograman web bidang keahlian Teknik Komputer Jaringan di SMK Negeri 2
Pengasih. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development menggtnakan model pengembangan
ADDIE (Analysis, Design, Development, Iruplementation, Evaluation). Tahap validasi dan uji coba dilakukan
terhadap kelayakan buku sekolah elektronik. Validasi oleh ahli materi dan ahli media dilakukan untuk
mendapatkan penilaian dan saran mengenai kelayakan buku sekolah elektronik dari segi materi maupun media.
Metode untuk menganalisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dengan skor skala lima (skala
likert) terhadap kategori skala penilaian yang ditentukan. Hasil penelitian diperoleh rerata skor total dari dua ahli
materi adalah 104 pada kategori sangat layak. Rerata skor total dua ahli media adalah 70,5 pada kategori layak.
Hasil implementasi terhadap peserta didik, rerata skor total penilaian adalah 55,56 pada kategori sangat layak.
Kata kunci: Pengembangan, Buku Sekolah Elektronik, Kelayakan

Abstract
This research aims to develop a mtrltimedia based on electronic school book as a source of learning on the
subjects of **eb programming in the field of Computer Network Engineering expertise at State Vocational High
School 2 Pengasih. This study is a Research and Development tlevelopment model ADDIE (Analysis, Design,
Development, Implementation, Evaluation). The validation phase ancl the test was carried out on the feasibility of
an electronic school books. Validation by subject motter experts and meclia specialists do to get an assessment and
advice on the feasibility of electronic school books in terms of material and media. Analyzing tlata ruethods using
qualitative clescriptive analysis techniques v,ith a five-star scale score (Likert scale) to the specifiecl category
grading scale. The results obtained by the mean total score of the two sttbject matter experts is a very decent I04 in
the category. The mean total score was 70.5 from two meclia experts on decent categoty. The results of the
implementation of the learners, the mean total score was 55.56 on categoty ratings are vety decent.
Keyword : Development, Electronic School Book, Quality


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/e-jpti.v5i5.4724

Refbacks

  • There are currently no refbacks.