PENGEMBANGAN JOB SHEET MATA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PRAKTIK SISWA KELAS X DKV DI SMK NEGERI 5 YOGYAKARTA

Nabila Sella Agusta

Abstract


Abstrak
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk: (1) mengembangkan job sheet praktik mata pelajaran Simulasi Digital untuk siswa kelas X DKV SMK Negeri 5 Yogyakarta; (2) mengetahui kelayakan job sheet praktik mata pelajaran Simulasi Digital untuk siswa kelas X DKV SMK Negeri 5 Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Desain penelitian yang digunakan mengacu pada model pengembangan 4-D models dengan empat tahapan pokok yaitu, (1) pendefinisian (Define); (2) perancangan (Design); (3) pengembangan (Develop); (4) penyebaran (Disseminate). Jenis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan kuisioner atau angket yang diberikan kepada 57 siswa sebagai responden untuk memperoleh data yang dibutuhkan.Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) pengembangan job sheet sesuai dengan model pengembangan 4-D Models; (2) berdasarkan hasil penelitian ahli media yang meliputi aspek tampilan, kemudahan penggunaan, konsistensi, format, dan kegrafikan mencapai nilai rata-rata 137 dengan persentase 85,63% (sangat layak). Berdasarkan hasil penelitian ahli materi yang mencakup aspek kelayakan isi, kebahasaan, dan sajian mencapai nilai rata-rata 92 dengan persentase 76,67% (sangat layak). Berdasarkan respon siswa meliputi aspek kemudahan dimengerti dan kemudahan pemakaian memperoleh nilai rata-rata 78,43 dengan persentase 78,44% (layak).
Kata kunci : Pengembangan, Job Sheet, Simulasi Digital

Abstract
This research aims to : (1) develop job sheet Digital Simulation practice subjects for class X DKV SMK Negeri 5 Yogyakarta; (2) determine the feasibility of job sheet Digital Simulation practice subjects for class X DKV SMK Negeri 5 Yogyakarta.
This research is a development (Research and Development). The study design used is based upon the development model of the 4-D models with four main stages, namely, (1) Define; (2) Design; (3) development; (4) Disseminate. The type of data that is quantitative and qualitative. Data was collected by questionnaire and the questionnaire given to 57 students as respondents to obtain the required data. Data analysis techniques in this research is quantitative descriptive. The survey results that: (1) development of job sheet in accordance with the model of development of the 4-D Models; (2) based on the results of expert research of media covering the aspects of appearance, ease of use, consistency, format, and graphic reached an average value 137 with a percentage of 85.63% (very decent). Based on the results of expert research material that cover all aspects of the feasibility of the content, language, and the grain reaches an average value of 92 with a percentage of 76.67% (very decent). Based on students' responses understandably include aspects of ease of use and ease of obtaining the average value of 78.43 with a percentage of 78.44% (feasible).
Keywords: Development, Job Sheet, Digital Simulation


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/e-jpti.v5i5.4723

Refbacks

  • There are currently no refbacks.