MEDIA PEMBELAJARAN BUKU INTERAKTIF PENGENALAN RESISTOR UNTUK MATA PELAJARAN TEKNIK LISTRIK DI SMK MUDA PATRIA KALASAN

Romi Immadudin

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain, unjuk kerja dan tingkat kelayakan dari Media
Pembelajaran Buku Interaktif Pengenalan Resistor Untuk Mata Pelajaran Teknik Listrik Di SMK Muda
Patria Kalasan.
Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development. Objek penelitian adalah Media
Pembelajaran Buku Interaktif Pengenalan Resistor Untuk Mata Pelajaran Teknik Listrik. Tahap
pengembangan produk meliputi 1). Analisis, 2). Desain, 3). Implementasi, 4). Pengujian, 5). Validasi, dan
6). Ujicoba pemakaian. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data meliputi : 1) Pengujian dan
Pengamatan unjuk kerja, 2). Angket penelitian. Adapun validasi media pembelajaran melibatkan dua ahli
materi pembelajaran dan dua ahli media pembelajaran dan ujicoba pemakaian dilakukan oleh 20 siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa unjuk kerja media pembelajaran buku interaktif pengenalan
resistor untuk mata pelajaran teknik listrik di SMK Muda patria Kalasan ini sudah sesuai dengan
tujuannya sebagai media pembelajaran pengenalan resistor. terdiri dari bagian sampul buku, halaman
pertama berisikan pengertian resistor secara umum, halaman kedua berisi pengertian resistor secara teori
dan pengenalan fungsinya, halaman ketiga berisi tentang macam resistor dan bahan pembuatnya, halaman
keempat berisi tentang nilai resistansi resistor dan pembacaan gelang warna dan halaman kelima berisi
rangkaian resistor secara seri dan paralel.Hasil validasi isi oleh ahli materi pembelajaran memperoleh
tingkat validitas dengan persentase 89,71% dengan kategori sangat layak, validasi konstruk oleh ahli
media pembelajaran memperoleh tingkat validitas dengan persentase 77,18% dengan kategori sangat
layak. Sedangkan dalam uji pemakaian oleh siswa di SMK Muda Patria Kalasan mendapatkan validitas
sebesar 81,81% dengan kategori sangat layak.
Kata kunci : Media Pembelajaran, Buku Interaktif, Pengenalan resistor
2 Jurnal Pendidikan Teknik Elektronika
ABSTRACT
This particular research is accomplished to gain knowledge of production process, rate of
performance and usability of “Resistor preliminary guidance interactive book for electrical engineering subject
in SMK Muda Patria Kalasan”.
Committed as a Research and Development, the object to this research is as defined “Resistor
preliminary guidance interactive book for electrical engineering”. Development section involves 1). Analysis,
2). Design process, 3). Implementation, 4). Testing/Examination, 5). Validation, 6). Experimental
Application. Data collecting is performed by utilizing following methods 1). Performance Examination,
2). Questionnaire on this Research. Validation process involving 2 persons with provident expertise in
content learning and 2 other in media learning. Experimental application accomplished by 20 students.
As for the result, this research prove that learning media of interactive resistor preliminary
guidance performance is considered qualified as its purpose for electrical engineering subject in SMK
Muda Patria Kalasan. Structural contents of this media are book cover, general resistor knowledge (first
page), resistor theorem and basic functions (second page), resistor varian and its material element (third
page), Resistor’s rate of resistance and understanding the colored rings of resistor (fourth page), and
Parallel and Serial Resistor circuitry. Content Validation has been evaluated by the expert and gained a
rate of validity of 89.71% (highly appropriate), whilst media structural has a rate of validity of 77.18%
(highly appropriate). Experimental application on a number of students at SMK Muda Patria Kalasan
has gained a validity rate of 81.81% (highly appropriate).
Keywords : learning media, instructional media, interactive book, resistor guidance

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/e-jpti.v5i3.4640

Refbacks

  • There are currently no refbacks.