EFEKTIVITAS PENGGUNAAN E-LEARNING EDMODO PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL

Yanuar Satriya Perkasa

Abstract


Abstrak
Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui 1) Perbedaan Hasil Belajar Siswa yang menggunakan E-learning Edmodo dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional 2) Efektivitas penggunaan E-learning Edmodo terhadap hasil belajar siswa. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas X jurusan Rekayasa Perangkat Lunak di SMK Muhammadiyah 1 Bantul yang berjumlah 64 siswa. Kelas Eksperimen berjumlah 33 Siswa, sedangkan kelas kontrol berjumlah 31 siswa. Teknik Pengumpulan data menggunakan metode penilaian. Metode penilaian data berasal dari hasil belajar siswa sebelum perlakuan (pretest) dan setelah perlakuan (posttest). Analiss penelitian menggunakan uji-t untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dan uji n-gain untuk mengetahui efektivitas penggunaan E-learning Edmodo dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hasil penelitain yang dapat disimpulkan bahwa 1) Hasil belajar siswa menggunakan E-learning Edmodo terdapat peningkatan dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan metode konvensional dengan perolehan nilai posttest kelas eksperimen sebesar 84,94 dan kelas kontrol sebesar 74,55. 2) Penggunaan e-learning edmodo pada mata pelajaran simulasi digital siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Bantul termasuk dalam kategori efektif diperoleh dari uji n-gain sebesar 59,6% untuk kelas eksperimen yang diberikan perlakuan pembelajaran menggunakan e-learning edmodo yang masuk dalam kategori cukup efektif.
Kata kunci: Efektivitas, E-learning Edmodo, Simulasi Digital, Quasi Eksperimen


Abstract
This research is conducted to know about, 1) Differences of learning outcomes between students who use E-Learning Edmodo and who use the conventional learning method on students learning outcomes, 2) the effectiveness of using E-Learning Edmodo on students learning outcomes. The Research conducted is a quasi-experimental research. The populations of this research are 64 students of X grade who majoring in Software Engineering at SMK Muhammadiyah 1 Bantul. The experimental class is 33 students and the controlled class is 31 students. Assessment methods of the data derived from student learning outcomes before treatment (pretest) and after treatment (posttest). In research analysis, researcher uses t-test to determine the differences student learning outcomes and n-gain test to determine the effectiveness of the use of E-learning Edmodo with students using conventional learning methods. The results of the research can be concluded as, 1) there is significance difference between students who use E-Learning Edmodo than who use the conventional learning method which is derived from the post test score, a score of experiment class is 84,94 and the control class is 74,55. 2) the use of E-Learning Edmodo on the subjects of digital simulation for X grade students at SMK Muhammadiyah 1 Bantul are categorized as effective method, which is derived from n-gain test as score of 59.6% for the experimental group were given treatment using E-Learning Edmodo are in the category of fairly effective.
Keywords: Effectiveness, E-Learning Edmodo, Digital Simulation, Quasi-experimental


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/e-jpti.v5i1.4593

Refbacks

  • There are currently no refbacks.