PENGGUNAAN E-LEARNING MOODLE DITINJAU DARI HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MULTIMEDIA PADA PELAJARAN KKPI DI SMK NEGERI 1 GODEAN

Jahidatu Lis Silmi I’la Alhaq,

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Perbedaan antara hasil belajar siswa kelas X kompetensi keahlian multimedia yang pembelajarannya menggunakan media PowerPoint dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan e-learning moodle; (2) efektivitas penggunaan e-learning moodle pada mata pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) di SMK Negeri 1 Godean. Penelitian ini merupakan eksperimen dengan desain penelitian kuasi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji beda (uji-t) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan uji N-gain untuk mengetahui tingkat efektivitas. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan e-learning moodle dengan perolehan rata-rata 85,16, dan siswa yang menggunakan media PowerPoint perolehan rata-rata 76,86; (2) hasil belajar siswa yang menggunakan e-learning moodle efektivitasnya sebesar 56,2% dan respon positif siswa 78,20%.
Kata kunci: perbedaan, hasil belajar, efektivitas, e-learning moodle, KKPI

Abstract
This study aims to investigate: (1) The difference between the results of class X multimedia competency skill students learning using PowerPoint media to students learning using e-learning Moodle media; (2) the effectiveness of the use of e-learning moodle on Computer Skills and Information Management (KKPI) subject at SMK Negeri 1 Godean. This study is an experiment with quasi research design. Data collection techniques used written tests and questionnaires. The data analysis technique used is different test (t-test) to determine differences in learning outcomes and N-gain test to determine the level of effectiveness. It can be concluded that: (1) there are differences in learning outcomes of students who used e-learning Moodle with the average acquisition is 85.16, while the average acquisition of students who used PowerPoint media is 76.86; (2) the results of student learning using the e-learning Moodle is effective by 56.2% and students’ positive respond is 78.20% .
Keywords: differences, learning outcomes, effectiveness, e-learning moodle, KKPI


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/e-jpti.v5i1.4531

Refbacks

  • There are currently no refbacks.