ANALISIS SENTIMEN PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP PESERTA DIDIK DALAM MEDIA SOSIAL TWITTER DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA NAÏVE BAYES

Delta Setiyarini, Handaru Jati

Abstract


Kegiatan pembelajaran konvensional digantikan menjadi kegiatan pembelajaran online dikarenakan adanya
pandemi Covid-19. Kegiatan pembelajaran online tersebut menimbulkan adanya dampak positif dan negatif bagi
peserta didik. Berbagai usaha telah dilakukan oleh pemerintah untuk memaksimalkan kegiatan pembelajaran online,
namun masih belum diketahui dengan jelas persepsi tentang kegiatan pembelajaran online oleh peserta didik. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk melakukan (1) penilaian proses pembelajaran online di Indonesia secara efisien
dengan menggunakan metode analisis sentimen dan (2) mengetahui persepsi peserta didik terhadap pembelajaran
online di Indonesia. Metode penelitian ini menggunakan metode analisis sentimen dengan menggunakan
pembobotan TF-IDF dan Algoritma Naïve Bayes. Pengambilan data dilakukan di media sosial Twitter dengan
metode crawling data menggunakan Tweepy.org dengan kata kunci kuliahonline, kuliahdaring, kuliahdirumah,
sekolahonline, sekolahdirumah, ‘kuliah online’, ‘pembelajaran online’, ‘sekolah online’, dan ‘tugas online’. Proses
dari analisis data adalah Preprocessing, TF-IDF, Analisis Sentimen dengan Algoritma Naïve Bayes dan evaluasi
Confusion Matrix. Metode tersebut didukung dengan penelitian menggunakan kuesioner evaluasi kegiatan
pembelajaran online di Universitas Negeri Yogyakarta. Hasil penelitian dengan metode analisis sentimen terhadap
pembelajaran online pada media sosial Twitter dalam dua periode yang berbeda menghasilkan sentimen negatif.
Hasil ini didapatkan dari Data Model dengan akurasi sebesar 93% dengan pengambilan data latih pada bulan Maret –
Juni 2020. Hal tersebut juga didukung dengan hasil kuesioner pembelajaran online di Universitas Negeri Yogyakarta
yang menunjukkan bahwa keseluruhan evaluasi pembelajaran online di Universitas Negeri Yogyakarta dinilai baik
oleh mahasiswa, namun mayoritas mahasiswa merasa tidak puas dengan kegiatan pembelajaran online di Universitas
Negeri Yogyakarta.
Kata kunci : analisis sentimen, naïve bayes, pembelajaran online, covid-19

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/e-jpti.v10i1.19105

Refbacks

  • There are currently no refbacks.