PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID DENGAN ADOBE ANIMATE CC PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR DI SMK NEGERI 1 NGAWEN

Istiqomah Nur Achsani, Priyanto Priyanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis android pada mata
pelajaran komputer dan jaringan dasar untuk materi perakitan komputer kelas X Teknik Komputer dan Jaringan
di SMK Negeri 1 Ngawen. (2) menguji kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis android pada mata
pelajaran komputer dan jaringan dasar untuk materi perakitan komputer kelas X Teknik Komputer dan Jaringan
di SMK Negeri 1 Ngawen. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Research and Development
(R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri dari lima tahapan, yaitu:
(1) analysis, (2) design, (3) development, (4) implementation, dan (5) evaluation. Teknik pemngumpulan data
yang digunakan yaitu: (1) observasi dan (2) kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik
deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu terdapat 1 orang ahli media, 1 orang ahli materi , dan 32 responden
atau siswa kelas X Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 1 Ngawen. Hasil penelitian ini adalah: (1)
media pembelajaran interaktif berbasis android pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar untuk materi
perakitan komputer kelas X Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 1 Ngawen. (2) hasil uji
kelayakan media pembelajaran oleh ahli materi diperoleh angka 3.3 (Sangat Baik), dengan persentase 81.5%
(Sangat Layak), hasil uji kelayakan media pembelajaran oleh ahli media diperoleh angka 3.1 (Sangat Baik),
dengan persentase 77.9% (Layak), dan hasil uji pemakaian oleh responden diperoleh angka 3.3 (Sangat Baik),
dengan persentase 83.6% sehingga media pembelajaran termasuk dalam kategori “Sangat Layak” untuk digunakan
sebagai media pembelajaran.
Kata kunci: Media Pembelajaran, Android, Perakitan Komputer

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/e-jpti.v10i1.19047

Refbacks

  • There are currently no refbacks.