PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN SPIRITUAL, DAN TEKANAN KLIEN TERHADAP KUALITAS AUDIT

Muhammad Fadjar Arif Fauzan, Dhyah Setyorini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, dan Tekanan Klien terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris pada Kantor Akuntan Publik di Yogyakarta). Penelitian ini merupakan penelitian kausal komparatif yang merupakan penelitian ex post facto. Pemilihan sampel menggunakan metode non probability sampling. Jumlah sampel adalah 58 responden, yang diperoleh dari enam Kantor Akuntan Publik di Yogyakarta. Data yang digunakan adalah data primer berupa kuesioner. Pengolahan dan analisis data yang digunakan dalam menguji hipotesis adalah analisis regresi linear sederhana dan analisis regresi linear. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan Kecerdasan Emosional terhadap Kualitas Audit yang ditunjukkan dengan nilai koefisien determinasi (r2) sebesar 0,532 dan nilai signifikansi 0,000; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan Kecerdasan Spiritual terhadap Kualitas Audit yang ditunjukkan dengan nilai koefisien determinasi (r2) sebesar 0,641 dan nilai signifikansi 0,000; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan Tekanan Klien terhadap Kualitas Audit yang ditunjukkan dengan nilai koefisien determinasi (r2) sebesar 0,717 dan nilai signifikansi 0,000; (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, dan Tekanan Klien secara simultan terhadap Kualitas Audit yang ditunjukkan dengan nilai koefisien determinasi (Adjusted R2) sebesar 0,729, uji F ditunjukkan dengan F hitung > F tabel (52,152 > 2,770), dan nilai signifikan 0,000.

 

Kata kunci: Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Tekanan Klien, Kualitas Audit

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.