PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN KEPEMILIKAN SAHAM PUBLIK TERHADAP TINGKAT PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY

Reza Manjalang Muda Siregar, Denies Priantinah

Abstract


Penelitian Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Ukuran Komite Audit, Komposisi Dewan Komisaris, Komposisi Kepemilikan Saham Institusional, Komposisi Kepemilikan Saham Asing, Komposisi dan Kepemilikan Saham Publik terhadap Tingkat Pengungkapan CSR. Data dalam penelitian ini adalah data sekunder dengan menggunakan metode purposive sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 76 perusahaan dari total populasi sebanyak 82 perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013 dan 2014. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linear sederhana dan uji regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Ukuran Komite Audit dan Komposisi Kepemilikan Asing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Tingkat Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Variabel Komposisi Kepemilikan Publik berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Tingkat Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Sedangkan variabel Komposisi Dewan Komisaris Independen dan Komposisi Kepemilikan Institusi tidak berpengaruh terhadap Tingkat Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Hasil uji serempak menunjukkan hasil yang positif dan signifikan terhadap Tingkat Pengungkapan Corporate Social Responsibility.

 

Kata kunci: Corporate Social Responsibility, Good Corporate Governance (Ukuran Komite Audit, Komposisi Dewan Komisaris Independen, Komposisi Kepemilikan Institusi, Komposisi Kepemilikan Asing), Komposisi Kepemilikan Publik, Global Reporting Initiative (GRI).


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.