PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN TRANSAKSIONAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN QUALITY OF WORK LIFE SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Farantia Dindy Devintasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Transaksional terhadap Kinerja Karyawan Rumah Sakit di Kabupaten Temanggung dengan Quality of Work Life sebagai variabel moderasi. Penelitian ini termasuk penelitian kausal komparatif. Populasi penelitian ini adalah karyawan rumah sakit di Kabupaten Temanggung. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah karyawan bagian keuangan sebanyak 80 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan metode purposive sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Regresi Linier Sederhana dan Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Gaya Kepemimpinan Transformasional berpengaruh positif signifikan terhadap Kinerja Karyawan rumah sakit di Kabupaten Temanggung; Gaya Kepemimpinan Transaksional berpengaruh positif signifikan terhadap Kinerja Karyawan rumah sakit di Kabupaten Temanggung; Quality of Work Life memperkuat pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional terhadap Kinerja Karyawan rumah sakit di Kabupaten Temanggung; Quality of Work Life memperkuat pengaruh Gaya Kepemimpinan Transaksional terhadap Kinerja Karyawan rumah sakit di Kabupaten Temanggung.

Kata Kunci: Kinerja Karyawan, Gaya Kepemimpinan Transformasional, Gaya Kepemimpinan Transaksional, Quality of Work Life.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.