PENGARUH UMUR PERUSAHAAN, UKURAN PERUSAHAAN, PERSENTASE SAHAM YANG DITAWARKAN, EARNING PER SHARE, DAN KONDISI PASAR TERHADAP UNDERPRICING SAHAM PADA SAAT INITIAL PUBLIC OFFERING (IPO) DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2012-2015

Herbanu Putro L, Denies Priantinah

Abstract


      Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Umur Perusahaan terhadap Underpricing Saham, (2) Pengaruh Ukuran Perusahaan terhadap Underpricing Saham, (3) Pengaruh Persentase Saham yang Ditawarkan terhadap Underpricing Saham, (4) Pengaruh Earning Per Share terhadap Underpricing Saham, (5) Pengaruh Kondisi Pasar terhadap Underpricing Saham, (6) Pengaruh Umur Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Persentase Saham yang Ditawarkan, Earning Per Share, dan Kondisi Pasar terhadap Underpricing Saham pada saat Initial Public Offering di Bursa Efek Indonesia  Tahun 2012-2015. Jenis penelitian ini kausal komparatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Kesimpulan penelitian: (1) Umur Perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap Underpricing Saham, koefisien regresi -0,001 dan signifikansi 0,587. (2) Ukuran Perusahaan berpengaruh negatif signifikan terhadap Underpricing Saham, koefisien regresi -0, 071 dan signifikansi 0,016. (3) Persentase Saham yang Ditawarkan berpengaruh positif signifikan terhadap Underpricing Saham, koefisien regresi 0, 007 dan signifikansi 0,015. (4) Earning Per Share berpengaruh positif signifikan terhadap Underpricing Saham, kofisien regresi sebesar 0,001 dan signifikansi 0,037. (5) Kondisi Pasar tidak berpengaruh signifikan terhadap Underpricing Saham, signifikansi 0,656. (6) Umur Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Persentase Saham yang Ditawarkan, Earning Per Share, dan Kondisi Pasar secara simultan berpengaruh terhadap Underpricing, F hasil > F tabel (3,080 > 2,37) dan signifikansi 0,015.

Kata kunci: Umur Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Persentase Saham yang Ditawarkan, Earning Per Share, Kondisi Pasar, Underpricing Saham

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.