PENGARUH INDEPENDENSI, GAYA KEPEMIMPINAN, DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA AUDITOR (STUDI EMPIRIS PADA KANTOR AKUNTAN PUBLIK YOGYAKARTA DAN SOLO)

Listiya Nuraini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh independensi terhadap kinerja auditor, (2) pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja auditor, (3) pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja auditor, (4) pengaruh independensi, gaya kepemimpinan, dan budaya organisasi secara bersama-sama terhadap kinerja auditor. Populasi penelitian ini adalah seluruh auditor yang bekerja pada Kantor Akuntan Publik wilayah Yogyakarta dan Solo. Jumlah sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 50 responden yang diambil menggunakan teknik probabilitas random sampling. Data penelitian ini diperoleh melalui kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Independensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja auditor yang ditunjukkan dengan nilai koefisien determinasi sebesar  0,499. (2) Gaya kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja auditor yang ditunjukkan dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,520. (3) Budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja auditor yang ditunjukkan dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,704. (4) Independensi, gaya kepemimpinan, dan budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja auditor dengan nilai F hitung lebih besar dari F tabel yaitu 16,359 > 2,81.

 

Kata kunci: Kinerja Auditor, Independensi, Gaya Kepemimpinan, Budaya Organisasi, Kantor Akuntan Publik Yogyakarta dan Solo


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.