PENGARUH NILAI INTRINSIK PEKERJAAN, LINGKUNGAN KERJA, DAN PERTIMBANGAN PASAR KERJA TERHADAP MOTIVASI PEMILIHAN KARIER SEBAGAI AKUNTAN (STUDI KASUS PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI AKUNTANSI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA)

Lilis Kurnia Sari, Sukanti Sukanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Nilai Intrinsik Pekerjaan, Lingkungan Kerja, dan Pertimbangan Pasar Kerja pada Profesi Akuntan secara bersama-Sama terhadap Motivasi Pemilihan Karier sebagai Akuntan. Penelitian ini termasuk penelitian kausal komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 363 mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta dengan sampel penelitian sebanyak 192 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dengan proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Nilai Intrinsik Pekerjaan pada Profesi Akuntan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Pemilihan Karier sebagai Akuntan dengan nilai Koefisien determinasi 0,208. (2) Lingkungan Kerja pada Profesi Akuntan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Pemilihan Karier sebagai Akuntan dengan Koefisien determinasi 0,191. (3) Pertimbangan Pasar Kerja pada Profesi Akuntan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Pemilihan Karier Sebagai Akuntan dengan nilai Koefisien determinasi 0,395. (4) Nilai Intrinsik Pekerjaan, Lingkungan Kerja, dan Pertimbangan Pasar Kerja pada Profesi Akuntan secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Pemilihan Karier sebagai Akuntan dengan Nilai F hitung yang lebih besar dari F tabel yaitu 59,436 > 3,89.

Kata kunci: Motivasi Pemilihan Karier sebagai Akuntan, Nilai Intrinsik Pekerjaan, Lingkungan Kerja, Pertimbangan Pasar Kerja.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.