PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROSEDUR KREDIT TERHADAP KEPUTUSAN PENGAMBILAN KREDIT DENGAN REFERENCE GROUP SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA BADAN KREDIT DESA (BKD) GOMBONG

Fajar Kartika Sari, Mimin Nur Aisyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan dan Prosedur Kredit terhadap Keputusan Pengambilan Kredit dengan Reference Group sebagai variabel moderating pada BKD Gombong. Metode Pengumpulan data yang digunakan adalah survei menggunakan kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode judgement sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah Regresi Linier Sederhana dan Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kualitas Pelayanan berpengaruh positif terhadap Keputusan Pengambilan Kredit pada BKD Gombong dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,174 dan F hitung > F tabel (10,742 > 3,90); (2) Prosedur Kredit berpengaruh positif terhadap Keputusan Pengambilan Kredit pada BKD Gombong dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,215 dan F hitung > F tabel (6,836 > 3,90); (3) Reference Group tidak memperkuat pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pengambilan Kredit dengan nilai b1 = 0,479 dan signifikansi 0,027, b2 = 0,581 dan signifikansi 0,163, serta b3 = -0,016 dan signifikansi 0,135; (4) Reference Group tidak memperkuat pengaruh Prosedur Kredit terhadap Keputusan Pengambilan Kredit dengan nilai b1 = 0,860 dan signifikansi 0,005, b2 = 0,777 dan signifikansi 0,037, serta b3 = -0,033 dan signifikansi 0,026.

Kata kunci: Keputusan Pengambilan Kredit, Kualitas Kredit, Prosedur Kredit, Reference Group.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.