PENGARUH IMPLEMENTASI PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN SEBAGAI SALAH SATU UKURAN BALANCED SCORECARD PADA PT. MADUBARU KABUPATEN BANTUL PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Gama Luky Yoasti, Adeng Pustikaningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi program Corporate Social Responsibility terhadap loyalitas konsumen sebagai salah satu ukuran Balanced Scorecard PT. Madubaru Kabupaten Bantul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.  Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan: (1) uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas data dan uji linearitas; serta (2) uji hipotesis menggunakan uji regresi linear sederhana, mencari koefisien determinasi dan uji t.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program Corporate Social Responsibility berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen sebagai salah satu ukuran Balanced Scorecard.  Hal ini dibuktikan dengan hasil regresi yang menunjukkan bahwa nilai t hitung > t tabel (2,129 > 1,66123), koefisien regresi implementasi program Corporate Social Responsibility sebesar 0,122, serta nilai signifikansi implementasi program Corporate Social Responsibility sebesar 0,036 lebih kecil dari nilai signifikansi yang digunakan dalam penelitan ini yaitu 0,05, dan koefisien determinasi (r2) sebesar 4,6%.

Kata Kunci:     Implementasi Program Corporate Social Responsibility, Loyalitas Konsumen, Balanced Scorecard


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.