PENGARUH ORIENTASI ETIS, GENDER, DAN PENGETAHUAN ETIKA TERHADAP PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI ATAS PERILAKU TIDAK ETIS AKUNTAN

Revita Mardawati, Mimin Nur Aisyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi etis, perbedaan gender, dan pengetahuan etika terhadap persepsi mahasiswa akuntansi atas perilaku tidak etis akuntan secara parsial dan simultan. Populasi yang digunakan adalah mahasiswa Akuntansi UNY dengan pengambilan sampel menggunakan metode stratified purposive random sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana, linear berganda dan uji beda t-test. Hasil penelitian menunjukkan idealisme berpengaruh negatif terhadap persepsi mahasiswa akuntansi atas perilaku tidak etis akuntan. Relativisme berpengaruh positif terhadap persepsi mahasiswa akuntansi atas perilaku tidak etis akuntan. Pengetahuan etika berpengaruh negatif terhadap persepsi mahasiswa akuntansi atas perilaku tidak etis akuntan. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan antara laki-laki dan perempuan dalam menilai perilaku tidak etis yang terjadi. Secara simultan, hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh orientasi etis dan pengetahuan etika terhadap persepsi mahasiswa akuntansi atas perilaku tidak etis akuntan.

Kata kunci : Orientasi Etis, Gender, Pengetahuan Etika, Persepsi Mahasiswa Akuntansi atas Perilaku Tidak Etis Akuntan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.