PENGARUH NET PROFIT MARGIN, RETURN ON EQUITY DAN EARNING PER SHARE TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERCATAT DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2008-2011

Azis Muhamad Subhan, Pardiman Pardiman

Abstract


Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Net Profit Margin (NPM) terhadap Harga Saham, (2) Pengaruh Return on Equity (ROE) terhadap  Harga Saham, (3) Pengaruh Earning per Share (EPS) terhadap Harga Saham, (4) Pengaruh Net Profit Margin (NPM), Return on Equity (ROE) dan Earning per Share (EPS) secara bersama-sama terhadap Harga Saham. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kausal komparatif. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Jumlah sampel sebanyak 11 perusahaan dari 37 perusahaan industri barang konsumsi yang tercatat di Bursa Efek Indonesia periode 2008-2011. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier. Hasil dari penelitian ini menunjukkan: (1) Net Profit Margin (NPM) terbukti berpengaruh positif terhadap Harga Saham (sig t 0,000 < 0,05), (2) Return on Equity (ROE) terbukti berpengaruh positif terhadap Harga Saham (sig t 0,000 < 0,05), (3) Earning per Share (EPS) terbukti berpengaruh positif terhadap Harga Saham (sig t 0,000 < 0,05), (4) Net Profit Margin (NPM), Return on Equity (ROE) dan Earning per Share (EPS) secara bersama-sama terbukti berpengaruh positif terhadap Harga Saham (sig F sebesar 0,000 < 0,05).

 

Kata Kunci: Net Profit Margin (NPM), Return on Equity (ROE), Earning per Share (EPS), Harga Saham


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.