PENGUKURAN KINERJA DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD PADA RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH GOMBONG TAHUN 2013 DAN 2014

Sri Lestari, Sumarsih Sumarsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gombong dengan menggunakan pendekatan Balanced Scorecard. Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, metode wawancara dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja Rumah Sakit PKU Muhammadiyah dilihat dari (1). Perspektif Pelanggan dari indikator retensi pelanggan dan kepuasan pelanggan menunjukkan kinerja dengan kriteria baik sedangkan akuisisi pelanggan menunjukkan kinerja dengan kriteria kurang. (2). Perspektif keuangan dari indikator rasio NPM, ROI dan Efisiensi menunjukkan kinerja dengan kriteria baik sedangkan rasio Efektivitas menunjukkan kinerja dengan kriteria kurang. (3). Perspektif dilihat dari indikator Inovasi, BOR dan NDR menunjukkan kinerja dengan kriteria baik sedangkan, Respond Times, ALOS, TOI dan GDR menunjukkan kinerja dengan kriteria kurang. (4). Perspektif Pertumbuhan dan Pembelajaran dilihat dari perspektif Produktivitas dan kepuasan karyawan menunjukkan kinerja dengan kriteria baik sedangkan untuk retensi karyawan dan pelatihan karyawan menunjukkan kinerja dengan kriteria kurang.

 

Kata kunci: pengukuran kinerja, balanced scorecard, rumah sakit PKU Muhammadiyah Gombong


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.