FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMAUAN MEMBAYAR PAJAK WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI YANG MELAKUKAN PEKERJAAN BEBAS DI KPP PRATAMA YOGYAKARTA

Edwin Nugroho, Isroah Isroah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kesadaran membayar Pajak, Pengetahuan dan Pemahaman Tentang Peraturan Perpajakan. Persepsi yang Baik Atas Efektifitas Sistem Perpajakan, dan Sanksi Pajak terhadap Kemauan Membayar Pajak Wajib Pajak Orang Pribadi (WPOP) yang melakukan pekerjaan bebas di KPP Pratama Yogyakarta Tahun 2014. Teknik analisis data yang digunakan regresi linear sederhana dan regresi linear berganda yang sebelumnya sudah di analisis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kesadaran Membayar Pajak terhadap Kemauan Membayar Pajak; (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Pengetahuan dan Pemahaman Tentang Peraturan Perpajakan terhadap Kemauan Membayar Pajak; (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Persepsi yang Baik Atas Efektifitas Sistem Perpajakan terhadap Kemauan Membayar Pajak; (4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Sanksi Pajak terhadap Kemauan Membayar Pajak; (5) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kesadaran Membayar Pajak, Pengetahuan dan pemahaman Tentang Peraturan Perpajakan, Persepsi yang Baik Atas Efektifitas Sistem Perpajakan serta Sanksi Pajak secara bersama-sama terhadap Kemauan Membayar Pajak.

Kata Kunci : Kesadaran Membayar Pajak, Pengetahuan dan pemahaman Tentang Peraturan Perpajakan, Persepsi yang Baik Atas Efektifitas Sistem Perpajakan, dan Kemauan Membayar Pajak.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.