PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN

Bayu Suryonugroho

Abstract


Penelitian ini berpangkal pada masalah kurangnya perhatian sejumlah perusahaan terhadap CSR. Mereka beranggapan CSR hanya akan membebani kinerja keuangan perusahaan yang berakibat pada nilai perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh CSR terhadap nilai perusahaan, pengaruh CSR terhadap nilai perusahaan, dengan kepemilikan institusional, kepemilikan manajemen, dan ukuran perusahaan sebagai variabel moderating. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian asosiatif kausal. Populasi dalam penelitian adalah 42 perusahaan pemenang ISRA, sedangkan sampel penelitian merupakan perusahaan yang memenuhi kelengkapan data penelitian sebanyak 31 perusahaan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana, analisis regresi uji nilai selisih mutlak, dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa CSR, CSR parameter environment, community, employment berbengaruh positif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Kepemilikan institusional, kepemilikan manajemen, dan ukuran perusahaan sebagai variabel moderating tidak mampu memoderasi pengaruh CSR terhadap nilai perusahaan.

Kata kunci: CSR, nilai perusahaan, environment, community, environment, institusional, manajemen, ukuran perusahaan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.