PENGARUH ARUS KAS DAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN MANUFAKTUR

Ria Rezika Yudhihana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Arus Kas dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap Harga Saham Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Subsektor Makanan & Minuman yang terdaftar di BEI Periode 2010-2014. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sector industry barangĀ  konsumsi subsector makanan & minuman yang terdaftar di BEI tahun 2010-2014. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel pada penelitian ini adalah 12 perusahaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistic deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier sederhana untuk uji t, dan analisis regresi linier berganda untuk uji F. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa tidak terdapat penyimpangan asumsi klasik, kecuali pada uji normalitas. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan data transformasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa arus kas tidak memiliki pengaruh positif signifikan terhadap harga saham, ditunjukkan oleh nilai signifikansi sebesar 0,797 > 0,05. Sedangkan pengungkapan CSR memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham, ditunjukkan oleh nilai signifikansi sebesar 0,029 < 0,05. Secara simultan arus kas dan pengungkapan CSR tidak memiliki pengaruh secara simultan terhadap harga saham, hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikansi sebesar 0,228 > 0,05 dan F-hitung < F-tabel yaitu 1,549 < 3,28.

Kata Kunci: Harga Saham, Arus Kas, Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR).


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.