PENGARUH PERSEPSI KEGUNAAN, PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN, KEPERCAYAAN, DAN PERSEPSI RISIKO TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN MOBILE BANKING DENGAN GENDER SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Muhammad Iqbal Arya Putra, Ratna Candra Sari

Abstract


Abstrak: Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan, Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Menggunakan Mobile Banking Dengan Gender Sebagai Variabel Moderasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan, kepercayaan dan persepsi risiko terhadap minat menggunakan mobile banking pada mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta dengan gender sebagai variabel moderasi. Sampel yang diambil berjumlah 139 orang yang dipilih menggunakan Teknik proportionate stratified random sampling. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan menggunakan teknik analisis regresi sederhana dan moderated regression analysis (MRA). Hasil penelitian ini menunjukkan jika: Terdapat pengaruh positif dan signifikan dari persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan, kepercayaan, dan persepsi risiko terhadap minat menggunakan mobile banking, sedangkan tidak terdapat perbedaan antara laki-laki dan perempuan pada pengaruh persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan, kepercayaan dan persepsi risiko terhadap minat menggunakan mobile banking.

 

Kata Kunci: Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan, Persepsi Risiko, Minat Menggunakan Mobile Banking, Gender

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.