PENGARUH ETHICAL FRAMEWORK, PENGETAHUAN ETIKA DAN RELIGIUSITAS TERHADAP PERSEPSI ETIS MENGENAI PRAKTIK CREATIVE ACCOUNTING

Khomsanni Kharismawati, Ratna Candra Sari

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ethical framework, pengetahuan etika dan religiusitas terhadap persepsi etis mengenai praktik creative accounting. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah 60 responden mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta. Sampel diambil menggunakan teknik purpose sampling. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas, uji multikolonearitas dan uji heteroskedastisitas. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear berganda.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ethical framework, pengetahuan etika dan religiusitas berpengaruh secara bersama-sama terhadap persepsi etis mengenai praktik creative accounting, yang dibuktikan dengan nilai Fhitung 4,032 > Ftabel 2,769 dan nilai signifikansi 0,007

 

Kata kunci: Ethical Framework,Pengetahuan Etika, Religiusitas, Praktik Creative Accounting.

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.