PENGARUH KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA, PEMAHAMAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAH, DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN KENDAL

Emy Pavitasari, Mimin Nur Aisyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi sumber daya manusia, pemahaman standar akuntansi pemerintah dan sistem pengendalian internal terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Responden dalam penelitian ini adalah 77 pegawai yang terlibat dalam pembuatan laporan keuangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan kompetensi sumber daya manusia dan sistem pengendalian internal berpengaruh positif terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah tetapi pemahaman standar akuntansi pemerintah tidak terbukti berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Kompetensi sumber daya manusia, pemahaman standar akuntansi pemerintah dan sistem pengendalian internal secara bersama-sama berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah.

 

Kata kunci: Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah, Kompetensi Sumber Daya Manusia, Pemahaman Standar Akuntansi Pemerintah, Sistem Pengendalian Internal.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.