PENGARUH MOTIVASI, PRESTASI AKADEMIK, DAN KELOMPOK RUJUKAN TERHADAP MINAT MAHASISWA AKUNTANSI MENGIKUTI PENDIDIKAN PROFESI AKUNTANSI (PPAK) (Studi Kasus Mahasiswa Prodi Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta)

Arinta Setia Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Motivasi, Prestasi Akademik, dan Kelompok Rujukan terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk). Penelitian ini merupakan studi kausal komparatif melalui distribusi kuesioner kepada 67 responden. Responden penelitian ini adalah Mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta yang sudah menempuh mata kuliah Pengauditan 1 dan 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Motivasi secara positif berpengaruh terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk), dibuktikan dengan t hitung 2,005 > t tabel 2,000 dan sig. 0,049 < 0,05; (2) Prestasi Akademik secara positif berpengaruh terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk), dibuktikan dengan t hitung 3,812 > t tabel 2,000 dan sig. 0,000 < 0,05; (3) Kelompok Rujukan secara positif berpengaruh terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk), dibuktikan dengan t hitung 3,578 > t tabel 2,000 dan sig. 0,001, < 0,05; dan (4) Motivasi, Prestasi Akademik, Kelompok Rujukan secara simultan berpengaruh positif terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk), dibuktikan dengan F hitung 25,077 > F tabel 2,758.

 

Kata kunci: Motivasi, Prestasi Akademik, Kelompok Rujukan, Minat Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk)

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.