PENGARUH MORALITAS INDIVIDU DAN IDEALISME TERHADAP PERSEPSI ETIS MAHASISWA AKUNTANSI MENGENAI PRAKTIK AKUNTANSI KREATIF DI PERUSAHAAN DENGAN TINGKAT PEMAHAMAN KODE ETIK AKUNTAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Pada Mahasiswa Prodi Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta)

Fajar Qoirul Nugroho, Mimin Nur Aisyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Moralitas Individu dan Idealisme terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi mengenai Praktik Akuntansi Kreatif di Perusahaan dengan Tingkat Pemahaman Kode Etik Akuntan sebagai Variabel Moderasi. Populasi dalam penelitian ini adalah 296 mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Pada penelitian ini diperoleh sampel akhir sebanyak 123 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, uji prasyarat analisis, analisis regresi linier sederhana, dan analisis regresi moderasi (MRA). Hasil penelitian menunjukkan (1) Moralitas Individu dan Idealisme secara parsial berpengaruh positif terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi mengenai Praktik Akuntansi Kreatif di Perusahaan dan (2) Pada Mahasiswa Akuntansi dengan Tingkat Pemahaman Kode Etik Akuntan yang tinggi, pengaruh Moralitas Individu maupun Idealisme terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi mengenai Praktik Akuntansi Kreatif di Perusahaan akan semakin kuat dibandingkan pada Mahasiswa Akuntansi dengan Tingkat Pemahaman Kode Etik Akuntan yang rendah.

 

Kata kunci: Moralitas Individu, Idealisme, Persepsi Etis, Praktik Akuntansi Kreatif, Tingkat Pemahaman Kode Etik Akuntan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.