PENGARUH PENGETAHUAN ETIKA, RELIGIUSITAS DAN LOVE OF MONEY TERHADAP PERSEPSI ETIS MAHASISWA AKUNTANSI (Studi Kasus pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta dan Mahasiswa Akuntansi Syariah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)

Ana Risma Diana, Mimin Nur Aisyah

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Pengetahuan Etika terhadap Persepsi Etis mahasiswa akuntansi; (2) Pengaruh Religiusitas terhadap Persepsi Etis mahasiswa akuntansi; (3) Pengaruh Love of Money terhadap Persepsi Etis mahasiswa akuntansi; dan (4) Pengaruh Pengetahuan Etika, Religiusitas, dan Love of Money secara simultan terhadap Persepsi Etis mahasiswa akuntansi. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi UNY dan mahasiswa akuntansi syariah UIN SUKA. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 169 responden. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, linearitas, multikolinearitas, dan heteroskedastisitas. Teknik analisis data adalah analisis regresi sederhana dan berganda. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengetahuan Etika berpengaruh positif terhadap Persepsi Etis mahasiswa akuntansi, dibuktikan dengan nilai koefisien regresi 0,081, thitung>ttabel (2,374>1,653) dan signifikansi 0,019<0,05; (2) Religiusitas berpengaruh positif terhadap Persepsi Etis mahasiswa akuntansi, dibuktikan dengan nilai koefisien regresi 0,064, thitung >ttabel (2,112>1,653) dan signifikansi 0,036<0,05; (3) Love of Money berpengaruh negatif terhadap Persepsi Etis mahasiswa akuntansi, dibuktikan dengan nilai koefisien regresi -0,025, thitung>ttabel (1,998>1,653) dan signifikansi 0,047<0,05; dan (4) Pengetahuan etika, Religiusitas, dan Love of Money secara simultan berpengaruh terhadap Persepsi Etis mahasiswa akuntansi dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,062, 0,032, -0,02, Fhitung>Ftabel (3,351>2,27) dan signifikansi 0,020<0,05.

 

Kata kunci: Pengetahuan Etika, Religiusitas, Love of Money, Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.