PENGARUH PENGETAHUAN ETIKA PROFESI AKUNTAN DAN ORIENTASI ETIS TERHADAP PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI MENGENAI CREATIVE ACCOUNTING

May Diana Dhamayanti, Ratna Candra Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) Pengetahuan Etika Profesi Akuntan terhadap Persepsi Mahasiswa Akuntansi mengenai Creative Accounting dan (2) Orientasi Etis terhadap Persepsi Mahasiswa Akuntansi mengenai Creative Accounting. Populasi dalam penelitian ini adalah 248 mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 86 Mahasiswa S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Teknik analisis data menggunakan teknik Analisis Regresi Linear Sederhana untuk hipotesis pertama dan One Way ANOVA dengan menggunakan General Linier Model untuk hipotesis kedua. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh Pengetahuan Etika Profesi Akuntan terhadap Persepsi Mahasiswa Akuntansi mengenai Creative Accounting dan (2) Terdapat pengaruh Orientasi Etis terhadap Persepsi Mahasiswa Akuntansi mengenai Creative Accounting.

 

Kata kunci: Persepsi Mahasiswa Akuntansi mengenai Creative Accounting, Pengetahuan Etika Profesi Akuntan, Orientasi Etis, Idealisme, Relativisme.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.