PENGARUH ORIENTASI ETIS, TINGKAT PENGETAHUAN AKUNTANSI, DAN JENIS PERGURUAN TINGGI TERHADAP PERSEPSI ETIS MAHASISWA AKUNTANSI MENGENAI PRAKTIK CREATIVE ACCOUNTING

Maria Yolanda Clara Anggita, Ratna Candra Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi etis, tingkat pengetahuan akuntansi dan jenis perguruan tinggi terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi mengenai praktik creative accounting. Sampel penelitian adalah mahasiswa akuntansi UNY dan mahasiswa akuntansi salah satu Perguruan Tinggi Swasta di Yogyakarta sebanyak 134 mahasiswa. Metode pengambilan sampel adalah purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) tidak terdapat pengaruh orientasi etis terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi mengenai praktik creative accounting. (2) terdapat pengaruh positif tingkat pengetahuan akuntansi terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi mengenai praktik creative accounting. (3) terdapat pengaruh positif jenis perguruan tinggi terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi mengenai praktik creative accounting. (4) terdapat pengaruh orientasi etis, tingkat pengetahuan akuntansi, dan jenis perguruan tinggi secara bersama-sama terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi mengenai praktik creative accounting.

 

Kata kunci: Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi mengenai Praktik Creative Accounting, Orientasi Etis, Tingkat Pengetahuan Akuntansi, Jenis Perguruan Tinggi.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.