Implementasi kurikulum 2013 Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) SD di Kabupaten Magelang

Agus Budi Susanta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan hambatan-hambatan dan faktor pendukung dalam implementasi Kurikulum 2013 PJOK SD di Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber penelitian adalah guru PJOK SD di sekolah yang mengimplementasikan Kurikulum 2013 di Kabupaten Magelang. Objek dalam penelitian ini adalah persiapan pemerintah/sekolah dalam implementasi Kurikulum 2013, perencanaan, proses pelaksanaan, penilaian dalam pembelajaran serta buku teks dan sarana prasarana di sekolah. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti itu sendiri dengan menggunakan alat bantu yaitu pedoman wawancara, dan dokumen/arsip. Data dianalisis menggunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Guru sudah diberikan pelatihan-pelatihan oleh pemerintah tentang Kurikulum 2013 dan kemampuan mengoperasionalkan komputer, 2) Pelatihan khusus untuk guru PJOK belum ada,  3) Dalam pelaksanaan implementasi Kurikulum 2013 masih ada guru yang terkendala dalam berkomunikasi, 4) Guru masih mengalami kesulitan dalam melakukan penilaian, 5) Buku khusus untuk buku PJOK dalam kurikulum 2013 belum tersedia, dan  6) Hampir tiap sekolahan tidak memiliki halaman yang layak disebut sebagai lapangan olahraga.

 

The implementation of curriculum 2013 for Physical Education, Sports, and Health (PESH) in elementary schools in Magelang regency

 

Abstract: This study aims to reveal constraints and factors supporting the implementation of Curriculum 2013 of PESH in elementary schools (ESs) in the Magelang Regency. This was a descriptive qualitative study. The data sources were PESH teachers of ESs implementing Curriculum 2013 in Magelang Regency. The research objects included the government/school preparation for the implementation of Curriculum 2013, planning, implementation process, learning assessment, textbooks, and school infrastructure facilities. The research instrument was the researcher himself supplemented by interview guides and documents/archives. The data were analyzed through data reduction, data display, and conclusion drawing. The data trustworthiness was enhanced by technique and source triangulations. The research findings are as follows (1) In the planning of the implementation of Curriculum 2013 and the training on computer operation, (2) In the training there has not been special training for PESH teachers. 3) In the implementation of Curriculum 2013, in the learning process some teachers find constraints in the communication, 4) Teachers still encounter difficulties in the assessment, and 5) Textbooks based on Curriculum 2013 are not available yet. 6) Almost all schools do not have yards appropriate for sports fields.  


Keywords


hambatan dan pendukung; implementasi; Kurikulum 2013

Full Text:

Fulltext PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpok.v2i1.17997

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Agus Budi Susanta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Jurnal Pedagogi Olahraga dan Kesehatan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pok/index.


View My Stats