Pelaksanaan Bimbingan Kewirausahaan dalam Program Rehabilitasi Wanita Rawan Sosial Ekonomi di Balai Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Wanita (BPRSW) Yogyakarta

Rizky Agustiani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan pelaksanaan bimbingan kewirausahaan dalam program rehabilitasi wanita rawan sosial ekonomi di BPRSW Yogyakarta, (2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan bimbingan kewirausahaan dalam program rehabilitasi wanita rawan sosial ekonomi di BPRSW Yogyakarta. Pendekatan penelitian adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah pengelola, instruktur, dan wanita rawan sosial ekonomi yang menjadi warga binaan program bimbingan kewirausahaan di BPRSW Yogyakarta. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan display data, reduksi data dan pengambilan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tahap pelaksanaan bimbingan kewirausahaan meliputi (a) tahap perencanaan, (b) tahap pelaksanaan bimbingan kewirausahaan (c) evaluasi harian dan evaluasi setiap tiga bulan sekali. (2) Dampak program bimbingan kewirausahaan yaitu bertambahnya pengetahuan dan keterampilan bagi warga binaan, (3) Faktor pendukung program meliputi kondisi lingkungan yang kondusif, tersediannya sarana prasarana yang memadai. Faktor penghambat program adalah tidak semua warga binaan aktif mengikuti bimbingan, konflik dengan teman, kemampuan warga binaan yang berbeda-beda

Keywords


bimbingan kewirausahaan, wanita rawan sosial ekonomi

Full Text:

PDF

References


Abdulhak, I. (2012). Penelitian Tindakan Dalam Pendidikan Non Formal. Jakarta : PT Raja Grafindo Pustaka.

Angka wanita rawan sosial ekonomi tahun 2018 DIY dalam http://dinsos.jogjaprov.go.id/data-pmks- daerah-istimewa-yoagyakarta-2018 diakses pad 6 Mei 2019 pukul 10.10 WIB.

Anwar. (2006). Konsep dan Aplikasi Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skills Education). Bandung: Alfabeta.

Lexy, M.J. (2004). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Martanti, N.F. (2017). Upaya Menumbuhkan Minat Berwirausaha Melalui Program Bimbingan Ketrampilan di Balai Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Wanita Yogyakarta. Skripsi. UNY.

Muana, N. (2005). Makroekonomi: Teori, Masalah dan Kebijakan. Jakarta: PT. Raja Grafika Persada cetakan ke-2.

Mulyani,E. (2010). Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan. Jakarta: Pusat Kurikulum.

Saroni.M. (2012). Mendidik & Melatih Entrepreneur Muda: Membuka Kesadaran Atas Pentingnya Kewirausahaan bagi Anak Didik. Yogyakarta : Ar Ruzz Media.

Siswoyo, D. (2013). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta. UNY Press.

Sudjana,D. (2006). Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah. Bandung:

PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Suharta. (2012).Pendidikan Kewirausahaan. Yogyakarta : UNY.

Suryono,Y. (2012). Pembelajaran Kewirausahaan Masyarakat. Yogyakarta: Aditya Media.

Sutikno, M.S. (2009). Belajar dan Pembelajaran , Prospect. Bandung: Holistica.

Suyitno, Ade. (2013). “Pendidikan Kewirausahaan” dalam Http://m.kompasiana. com/ ade suyitno/ pendidikan - kewirausahaan diakses pada 6 Mei 2019 pukul 10.10 WIB.

Tarmansyah. (2003). Rehabilitasi dan terapi untuk individu yang membutuhkan layanan khusus. Padang: Depdiknas.

Tohirin. (2004). Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dan Madrasah (Berbasis Integrasi. Jakarta : Grafindo Persada.

UU Nomor 11 Tahun 2009. Diambil pad tanggal 4 Mei 2019, dari http://pelayanan.jakarta.do.id/donwload/regulasi/undang-undang nomor-11-tahun-2009-tentang kesejahteraan-sosial.pdf. Undang-Undang No. 11 Tahun 2009.(Tentang Kesejahteraan Sosial)

Walgito, B. (1993). Bimbingan Penyuluhan di Sekola. Yogyakarta : Andi Offset cetakan ke-2.




DOI: https://doi.org/10.21831/jsce.v5i1.20850

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Journal of Society and Continuing Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

 


Journal of Society and Continuing Education
p-ISSN: 2987-4955 e-ISSN: 2987-6613
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pls/index
Email: jscepls22@gmail.com
Published by: Faculty of Education and Psychology, Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia