Implementasi Outing Class di Taman Penitipan Anak Pelangi Nusa Kulon Progo

Anggit Sobari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan: (1) tujuan implementasi Outing class di Taman Penitipan Anak Pelangi Nusa Kulonprogo; (2) faktor pendukung dan penghambat outing class. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sumber data dalam penelitian ini adalah guru Taman Penitipan Anak, pengelola Taman Penitipan Anak, wali murid dan peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Teknik yang digunakan untuk menjelaskan keabsahan data adalah dengan menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik.Hasil penelitian menunjukkan: (1) tujuan implementasi outing class di Taman Penitipan Anak Pelangi Nusa Kulonprogo untuk melatih motorik kasar pada anak dan mengajarkan tentang keadaan sesungguhnya yang ada diluar atau dilapangan dan melatih kemandirian, komunikasi serta menyelesaikan permasalahan yang timbul pada diri anak yang akan mereka pecahkan secara mandiri; (2) faktor pendukung dan penghamabat outing class yang dilaksanakan Taman Penitipan Anak Pelangi Nusa Kulonprogo terdiri dari media pembelajaran, objektivitas, program pengajaran, kefektfan dan efisiensi penggunaan sumber belajar dan lingkungan belajar.

Keywords


implementasi, outing class, Taman Penitipan Anak

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Syukur.M. 1988. Perkembangan Studi Implementasi. Lembaga Administrasi NegaraRI. Jakarta.

Ainin, H.K. 2017. Pelaksanaan Pembelajaran Luar Sekolah Dalam Menanamkan Nilai Karakter Terhadap Kepedulian Lingkungan Sosial Dikebun Raya Binatang (KRKB) Gembira Loka Zoo. Skripsi PLS FIP UNY.

Ancok, D. 2006. Outbound Management Training. Yogyakarta: UII Press Yogyakarta.

Pribadi, Benny. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : PT. Dian Rakyat. (Hal. 11, 12 13, 14, 28).

Danajaya dkk, 2000. Pendidikan Kaum Tertindas (Terjemahan Utomo Dananjaya Dkk). Jakarta: PTLP3ES. (Edisi asli diterbitkan 1970 oleh Paulo Friere. Pedagogy Of The Oppressed).

Dinas Pendidikan Surabaya. 2016. Melalui Outing class, Siswa Belajar Senyatanya. Diakes pada tanggal 29 Juli 2019. 21.52. sumber: https://dispendik.surabaya.go.id/website/index.php?option=com_content&view=article&id=4031:melalui-outing-class-siswa-belajarsenyatanya&catid=2〈=en&Itemid=101

Husamah. 2013. Pembelajaran Luar Kelas (Outdoor Learning). Jakarta: Prestaasi Pustaka Raya.

Ibeng, Parta. (19 April 2019).pengertian implementasi, tujuan menurut para ahli.Diambil pada tanggal 31 juli 2019, dari https://pendidikan.co.id/pengertian-implementasi-tujuan-contoh-dan-menurut-para-ahli/

Kemdikbud. 2011. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kemendikbud. 2013. Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Taman Penitipan Anak. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2015. Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Taman Penitipan Anak. Jakarta: Direktorat Pembinaan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat.

Khasanah, N.N. 2107. Pengelolaan Program Pembelajaran Luar Sekolah Dikebun Raya Kebun Binatang (Krkb) Gembira Loka Yogyakarta. Skripsi PLS FIP UNY.

Muchlisin, B. 2009. Fun Outbound Merancang Kegiatan Outbound yang Efektif. Jogjakarta: Diva Press.

Mustofa, Arif. 2014. Penerapan Strategi Pemebelajaran Outing class untuk Meningkatkakan Ketrampilan Menulis Karangan Deskripsi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN 1 Jantiharjo Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014.Surakarta:UMS.

Permendikbud no 146 tahun 2016 tentang kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Diamil pada tanggal 31 Juli 2019, dari http://paud.kemdikbud.go.id/wpcontent/uploads/2016/04/Permendikbud-146-Tahun-2014.pdf

Purosani, A.G. 2015. Pendampingan Pembelajaran Luar Sekolah Berbasis Wisata Pada Anak SD Di Gembira Loka Zoo. Skripsi PLS FIP UNY.

Sawito, I. 2014. Implementasi Program Nasional Pemberdayaan Masyrakatmandiri Pedesaan (PNPM MP) Di Desa Tabing Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar. Skripsi Universitas Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Semiawan, C.R. 2008. Belajar dan Pembelajaran Prasekolah dan Sekolah Dasar. Jakarta : PT Indeks.

Siswoyo, D. 2013. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sit, Masganti. 2015. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.

Sugiyono. 2016. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugihartono dkk. 2007. Psikologi Pendidikan.Yogyakarta: UNY Press.

Susanto, A. 2017. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Bumi Aksara.

Suyadi. 2015. Teori Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.21831/jsce.v4i3.19778

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Journal of Society and Continuing Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

 


Journal of Society and Continuing Education
p-ISSN: 2987-4955 e-ISSN: 2987-6613
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pls/index
Email: jscepls22@gmail.com
Published by: Faculty of Education and Psychology, Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia