Tantangan dan Upaya Pengembangan Kompetensi Pendidik dalam Pelaksanaan Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid 19

Muryati Muryati

Abstract


Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan tantangan yang dihadapi pendidik dalam pelaksanaan pembelajaran selama pandemi covid 19 di KB Tunas Harapan dan SPS Mutiara Hati (2) mendeskripsikan upaya pendidik dalam mengembangkan kompetensi di KB Tunas Harapan dan SPS Mutiara Hati. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan metode kualitatif data yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian di KB Tunas Harapan dan SPS Mutiara Hati. Subyek penelitian yaitu kepala sekolah, ketua program dan pendidik. Hasil penelitian menunjukkan (1) Tantangan persiapan pembelajaran pada manajemen waktu pendidik, pemilihan alat dan bahan media pembelajaran, keterbatasan pendidik pada penguasaan aplikasi tertentu serta komunikasi dengan orang tua. tantangan pemantauan dan penilaian yaitu terbatasnya waktu dan ketidakdisiplinan orang tua pada mengumpulkan tugas. (2) Upaya pengembangan kompetensi yang dilakukan pendidik yaitu;(a) kegiatan diikuti dapat membantu mengasah kemampuan komunikasi dan menambah wawasan baru, (b) strategi pengembangan melalui pelatihan  maupun selain pelatihan yang mayoritas kegiatan dilaksanakan secara daring selama pandemi pada tahun 2021/ 2022, (c) bentuk pengembangan yaitu pelatihan secara daring maupun langsung, pembinaan internal serta supervisi pada pengelolaan pelaksanaan pembelajaran, (d) upaya mengembangkan kompetensi pendidik melalui webinar, diklat, uji kompetensi, pada manajemen peserta didik serta melalui kegiatan organisasi HIMPAUDI, (e) Hasil kegiatan yang diikuti pendidik dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang diterapkan pada pembelajaran.

Keywords


Tantangan, Pengembangan, Pelaksanaan Pembelajaran, Kompetensi Guru

Full Text:

PDF

References


Arif, M. (2020). Profesi Kependidikan Pedoman dan Acuan Guru Mencintai Profesinya (1 ed.). Sumatera Barat: CV Insan Cendekia Mandiri.

Astuti, I. Y., & Harun, H. (2021). Tantangan Guru dan Orang Tua dalam Kegiatan Belajar Dari Rumah Anak Usia Dini pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1454–1463. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.808 diakses pada Kamis 18 November 2021 Pukul 17.05.

Harahap, S. A., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dan Luring Anak Usia Dini bagi Guru dan Orang tua di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1825–1836. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1013 diakses Minggu,10 Oktober 2021 Pukul 09.35.

Hidayati, L. (2015). Peningkatan Kompetensi Pendidik Pada Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini. AL HIKMAH Jurnal Studi Keislaman, 5(1), 70–78.

Kemendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.33578/jpsbe.v10i1.7699 diakses pada Senin,25 oktober 2021 Pukul 12.31.

Lewaherilla, N. C., Wardhana, A., Vidya Amalia Rismanty, M. K., Kurniawati, D., Mutawali, Erini Junita, S., … Fahmi, A. (2021). MSDM (Kunci keberhasilan Organisasi). Jawa Barat: CV Media Sains Indonesia.

Misyana, M., Sumantri, M. S., Dhieni, N., & Karnadi, K. (2022). Guru Profesional: Mengintegrasikan Informations And Communication Technologies (ICT) dalam Pembelajaran PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 945–951. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1606 diakses pada Minggu,10 Oktober 2021 Pukul 17.21.

Novitasari, D., & Sugito. (2018). Meningkatkan Keterampilan Guru PAUD dalam Membuat Pelajaran Merencanakan Melalui Pelatihan Berbasis Andragogi. Jurnal Pendidikan Nonformal, 4(1), 97–106.

Pranita, E. (2020, Mei 11). Diumumkan Awal Maret, Ahli: Virus Corona Masuk Indonesia dari Januari. Kompas.com, hal. 1. Diambil dari https://www.kompas.com/sains/read/2020/05/11/130600623/diumumkan-awal-maret-ahli--virus-corona-masuk-indonesia-dari-januari?page=all diakses pada Jumat, 1April 2022 Pukul 08.15.

Sobon, K., & Korompis, M. E. (2021). Peluang Peningkatan Kompetensi Guru di Masa Pademi Virus. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(2), 287–296. Diambil dari https://www.e-journal.my.id/jsgp/article/view/589 diakses pada Selasa, 1 Desember 2021 Pukul 15.55.

Srihartini, Y., & Lestari, M. P. (2021). Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Online di Era Pandemi Covid-19. TARBIATUNA Journal of Islamic Education 1 | Tarbiatuna, 1(1), 135–154. Diambil dari http://journal.laaroiba.ac.id/index.php/tarbiatuna/article/view/219 diakses pada Jumat,26 November 2021 Pukul 15.16.

Sudrajat, J. (2020). Kompetensi Guru Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 13(1), 100–110. Diambil dari http://journals.usm.ac.id/index.php/jreb diakses pada Rabu, 2 Maret 2022 Pukul 08.34.

Suhendri, S., Sabri, R., Arifin, Z., Rahman, M. A., Ainaya, T., & Fahmi, H. A. (2021). Pelatihan Pembelajaran Jarak Jauh (Pjj) Pada Masa Pandemi Covid-19 Bagi Guru Sekolah Dasar Islam Terpadu (Sdit) Dod Medan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 27(1), 1–5. https://doi.org/10.24114/jpkm.v27i1.22128 diakses pada Rabu ,22 Desember 2021 Pukul 15.19.

Suhendro, E. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di. Golden Age: Jurnal Ilmiah tumbuh kembang anak usia dini, 5(September), 133–140. Diambil dari http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/goldenage/article/view/3394 diakses pada Senin,25 oktober 2021 Pukul 12.31.

Trisnadewi, K. (2021). Tantangan pembelajaran daring pada pendidikan anak usia dini. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 29–37.

Yuliarni, N. (2021). Meningkatkan kemampuan guru dalam merancang dan menggunakan video pembelajaran di saat pandemi Covid-19 Improve the ability of teachers to design and use instructional videos during mengembangkan kemampuannya mencapai tujuan pembelajaran. Jurnal Pendidikan Pembelajaran & Penelitian Tindakan, 1, 50–56.




DOI: https://doi.org/10.21831/jsce.v4i2.19460

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JSCE: Journal of Society and Continuing Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

 


Journal of Society and Continuing Education
p-ISSN: 2987-4955 e-ISSN: 2987-6613
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pls/index
Email: jscepls22@gmail.com
Published by: Faculty of Education and Psychology, Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia