Implementasi Ekstrakurikuler Angklung Pada Anak Usia Dini di Kelompok Berman Tunas Harapan SKB Kabupaten Sleman

Winda Syahrum Badawi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi ekstrakurikuler angklung, hasil pembelajaran ekstrakurikuler angklung, faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi ekstrakurikuler angklung pada anak usia dini di Kelompok Bermain Tunas Harapan SKB Kabupaten Sleman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dengan subjek penelitian adalah pengelola, guru, peserta didik, dan wali murid. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik yang dilakukan dalam analisis data adalah model Miles dan Huberman. Teknik yang digunakan untuk menjelaskan keabsahan data adalah dengan menggunakan trianggulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan dilakukan oleh kepala sekolah, guru, dan wali murid. Proses pembelajaran angklung dilaksanakan secara berkelompok dengan kegiatan pembuka yaitu berdoa, kegiatan inti yaitu langsung bermain agklung sesuai arahan dari pelatih, dan diakhiri dengan berdoa serta salam. Model belajar menggunakan model kooperatif. Penilaian pembelajaran ekstrakurikuler angklung dilakukan dengan melihat pedoman indikator bermain angklung (2) Pemahaman anak tentang angkung meningkat setelah mengikuti kegiatan ekstrakurikuler angklung (3) Faktor pendukung pembelajaran ekstrakurikuler angklung adalah sarana dan prasarana yang di gunakan untuk belajar angklung sudah memadai, nyaman serta luas. Faktor penghambat pembelajaran ekstrakurikuler angklung yaitu pelatih datang terlambat, anak tidak memperhatikan instruksi dari pelatih, anak tidak mau membunyikan angklungnya.

Keywords


implementasi, angklung, anak usia din

Full Text:

PDF

References


Anwar, Ahmad Arsyad. (2007). Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung: Alfabeta

Creswell, J.W. (2010). Desain dan Model Penelitian Kualitatif. (Terjemahan M. Djauzi Moedzakir). Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Malang. (Edisi asli diterbitkan tahun 1998 oleh SAGE Publication, Inc).

Depdikbud. (2013). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Fadlillah, M. (2012). Desain Pembelajaran PAUD Tinjauan Teoretik dan Praktik. Yogyakarta: Ar Ruzz Media

Fuziah, Puji Yanti, Sugito, Mulianah Khaironi, Sri Yuliana Mustar. (2016). Buku Paduan Kurikulum 2013 Untuk Kelompok Bermain BATITA FULLDAY. Yogyakarta: Digibooks.

Mulyana, D. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muzakki, M., & Fauziah, P. (2015). Implementasi pembelajaran anak usia dini berbasis budaya lokal di PAUD full day school. JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan masyarakat), 2(1), 39-54. doi:http://dx.doi.org/10.21831/jppm.v2il.8 42 (Diakses pada 15 Agustus 2018

Mursid. (2017). Pengembangan Pembelajaran PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Prastowo, A. (2012). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perfektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Rita Milyartini. (2016). Humanisasi Generasi Bangsa Melalui Optimalisasi Peran Angklung Sebagai Media Pendidikan Sekolah. Diakses dari http://www.researchgate.net pada tanggal 07 Februari 2019, pukul 16:18

Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Tirtarahardja, Umar, S.L. La Sulo. (2005). Pengantar pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.21831/jsce.v3i3.19436

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JSCE: Journal of Society and Continuing Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

 


Journal of Society and Continuing Education
p-ISSN: 2987-4955 e-ISSN: 2987-6613
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pls/index
Email: jscepls22@gmail.com
Published by: Faculty of Education and Psychology, Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia