Pengelolaan Bank Sampah Resik Migunani RW 15 Plumbon Banguntapan Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta

Siti Ma’rifah Sa’diyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mendeskripsikan tentang pengelolaan bank sampah resik migunani di RW 15 Plumbon, Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (2) Mendeskripsikan tentang keterlibatan masyarakat dalam pengelolaan bank sampah resik migunani di RW 15 Plumbon, Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah pengurus dan anggota bank sampah resik migunani. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan pengambilan atau penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data penelitian dengan menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini adalah : (1) pengelolaan bank sampah resmi yaitu berupa perencanaan, pengorganisasian,pengarahan, dan pengawasan (2) Keterlibatan Masyarakat adalah dalam : keterlibatan dalam pengambilan keputusan, keterlibatan dalam pelaksanaan, keterlibatan dalam pengambilan manfaat, dan keterlibatan dalam evaluasi.

Keywords


Pengelolaan Bank Sampah, Keterlibatan Masyarakat, Bank Sampah Resmi

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Citra, D. (2014). Persepsi Dan Partisipasi Masyarakat Dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga. Skripsi. Institut Pertanian Bogor.

Dwiningrum, SIA. (2015). Desentralisasi dan Partisipasi Masyarakat dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Daryanto, M. &. (2015). Pengelolaan Kesehatan Lingkungan. Yogyakarta: Gava Media.

Dimas Alfian, (2017). Partisipasi Masyarakat dalam Pengeloaan Bank Sampah Gemah Ripah di Dusun Badegan Desa Bantul, kecamatan Bantul, Yogayakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Fuad, N. (2014). Manajemen Pendidikan Berbasis Masyarakat. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Fattah, N. (2013). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Haryati, Siti. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah Di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Nanggulan Kabupaten Kulon Progo. Skripsi, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Diakses dari http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6 206 pada tanggal 8 Februari 2018 jam 14.00 WIB.

Huraerah, Abu. (2008). Pengorganisasian & pengembnagan Masyarakat: Model & Strategi Pembangunan Berbasis Kerakyatan. Bandung: Humaniora.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2002). Departemen Pendidikan Nasional Edisi ke-3. Jakarta: Balai Pustaka Gramedia.

Kartini, (2013). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Masyarakat Menabung Sampah Serta Dampak Keberadaan Bank Sampah Gemah Ripah (Kasus Masyarakat Dusun Badegan, Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal. Yogyakarta.

Mulyatiningsih, E. (2014). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta.

Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2012 Tentang Pedoman Pelaksanaan Reduce, Rause, dan Reycle Melalui Bank Sampah dalam pasal 1 ayat 1

Peraturan Menteri PU Nomor 21/PRT/M/2006 tentang Kebijakan Dan Strategi Nasional Pengembangan Sistem Pengelolaan Persampahan (KSNP-SPP).

Rozak, Abdul. (2014). Peran Bank Sampah Warga Peduli Lingkungan (WPL) Dalam Pemberdayaan Perekonomi an Nasabah. Fakultas Syariah dan Hukum: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

S, Alex. (2015). Sukses Mengolah Sampah Organik Menjadi Pupuk Organik. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sucipto, c. D. (2012). Teknologi Pengolahan Daur Ulang Sampah. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suryosubroto. (2006). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Tanuwijaya, F. (2016). Partisipasi Masyarakat dalam Pengelolaan Samapah di Bank Sampah Pitoe Jambangan Kota Surabaya. Kebijakan dan Manajemen Publik, 236-237.

Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang pengelelolaan sampah

Undang-Undang Nomo 32 Tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan hidup www.bantulkab.go.id/kecamatan/Bangun tapan.html diakses pada 12 Desember 2017.

Widodo. (2015). Pengelolaan Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Pada Era Otonomi Daerah. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat Volume 2 – Nomor 1, Maret 2015, (94-106). JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat) melalui https://journal.uny.ac.id/index.php/jppm/article/view/4846/4196 diakses 8 Februari 2018 pukul 17.30 WIB.

Walgito, B. (1999). Psikologi Sosial. Yogyakarta: CV ANDI .




DOI: https://doi.org/10.21831/jsce.v3i3.19435

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JSCE: Journal of Society and Continuing Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

 


Journal of Society and Continuing Education
p-ISSN: 2987-4955 e-ISSN: 2987-6613
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pls/index
Email: jscepls22@gmail.com
Published by: Faculty of Education and Psychology, Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia