Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Sejahtera dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul

Ratih Sofi Kusdewanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) kelembagaan BUMDes Sejahtera, dan 2) BUMDes Sejahtera dalam dinamika pemberdayaan masyarakat di Desa Bleberan. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Analisis data yang digunakan berupa reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Dari segi pengelolaan perlu adanya pengembangan dalam struktur organisasi, sistem recruitmen, kebijakan personalia, pelatihan personalia, manajemen keuangan terutama dalam permodalan dan pengembangan usaha, auditing, dan pengadaan. 2) Dinamika pemberdayaan oleh BUMDes Sejahtera dapat dideskripsikan dengan; a) Tahapan pemberdayaan yang dilakukan, yaitu tahap penyadaran perubahan perilaku, tahap transformasi kemampuan, tahap peningkatan kemampuan intelektual, dan evaluasi. b) Bentuk pemberdayaan yang telah dilakukan adalah berupa bantuan sosial, peningkatan pengetahuan dan kemampuan. c) Hasil dari pelaksanaan pemberdayaan masyarakat oleh BUMDes Sejahtera belum berhasil yang disebabkan oleh beberapa indikasi mengenai pengelolaan kelembagaan.

Keywords


pemberdayaan masyarakat desa, Badan Usaha Milik Desa

Full Text:

PDF

References


Gabriella Hanny Kusuma, Nurul Purnamasari. 2016. Analisis Potensi dan Permasalahan yang Dihadapi Badan Usaha Milik Desa. Yogyakarta: Penabulu Foundation. Diunduh melalui http://jembatantiga.com/wp- content/uploads/BUMDes- Kewirausahaan-Sosial-yang-Berkelanjutan.pdf pada hari Senin, 5 September 2016 pukul 18.27 WIB.

Kurniawan, David. 16 Februari 2016. Baru 41 Desa di Gunungkidul Miliki BUMDes. Diakses melalui http://www.harianjogja.com/baca/20 16/02/16/badan-usaha-desa-baru-41- desa-di-gunungkidul-miliki-bumdes- 691674 pada hari Senin, 5 September 2016 pukul 15.35WIB.

Mardikanto, Totok dan Soebianto, Poerwoko. 2017. Pemberdayaan Masyarakat Dalam Perspektif Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.

Miradj, Safri; Sumarno, Sumarno. Pemberdayaan Masyarakat Miskin, Melalui Pendidikan Nonformal, Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Sosial di Kabupaten Halmahera Barat. JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat), [S.I.], v 1, n 1, p.101-112, mar.2014. ISSN 2477-2992. Available at: https://journal.uny.ac.id/index.php/j ppm/article/view/2360/1959 Date accessed: 28 sept. 2018.

Mubyarto. 2010. Membangun Sistem Ekonomi. Yogyakarta: BPFE- Yogyakarta.

PKDSP (Pusat Kajian Dinamika Sistem Pembangunan). 2007. Buku Panduan Pendirian dan Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Malang: Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya.

Sarosa, Samiaji. 2012. Penelitian Kualitatif: Dasar-Dasar. Jakarta: Indeks.

Sugiono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistiyani, Ambar Teguh. 2004. Kemitraan dan Model-model pemberdayaan. Yogyakarta: Gava Media.

Sumodiningrat, Gunawan. 1999.

Pemberdayaan Masyarakat dan JPS. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.




DOI: https://doi.org/10.21831/jsce.v3i3.19433

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JSCE: Journal of Society and Continuing Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

 


Journal of Society and Continuing Education
p-ISSN: 2987-4955 e-ISSN: 2987-6613
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pls/index
Email: jscepls22@gmail.com
Published by: Faculty of Education and Psychology, Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia