Peran Pendamping Program Keluarga Harapan dalam Pemberdayaan Masyarakat Miskin di Kecamatan Magelang Selatan

Putri Purwanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan peran pendamping program keluarga harapan dalam pemberdayaan masyarakat miskin di Kecamatan Magelang Selatan, (2) mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam kegiatan pendampingan pemberdayaan masyarakat miskin melalui PKH di Kecamatan Magelang Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di UPPKH Kota Magelang. Subjek penelitian ini adalah koordinator PKH Kota Magelang, 3 pendamping PKH Kecamatan Magelang Selatan, dan 4 KPM Kecamatan Magelang Selatan. Metode pengambilan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display, dan penarikan kesimpulan. Triangulasi yang digunakan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan sumber. Hasil penelitian menunjukkan: (1) peran pendamping PKH dalam pemberdayaan masyarakat miskin ada empat peran yaitu peran sebagai fasilitator, peran sebagai pendidik, peran sebagai penghubung, dan peran teknik, (2) faktor pendukung yaitu dukungan dari Dinas Sosial Kota Magelang, tim PKH Kota Magelang yang solid, lokasi pendampingan yang mudah diakses, tempat pertemuan yang selalu tersedia, KPM yang antusias dan kritis, dan kepercayaan anggota KPM kepada pendamping untuk mengelola kelompok KPM. Sedangkan faktor penghambat yaitu rasio jumlah kelompok KPM dengan jumlah pendamping yang tidak sesuai, terbatasnya waktu dan tenaga pendamping, jadwal pertemuan yang sering bentrok dengan jam kerja KPM.

Keywords


Program Keluarga Harapan, peran pendamping

Full Text:

PDF

References


Habibullah. (2011). Peran Pendamping Pada Program Keluarga Harapan Kabupaten Karawang. Kajian Permasalahan Sosial dan Usaha Kesejahteraan Sosial , Vol. 16 (2) 101-116.

Hermawati, I. (2001). Metode dan Teknik dalam Praktik Pekerjaan Sosial . Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.

Kadarisman, M. (2013). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rajawali Pers.

Meleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif . Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Miradj, S. S. (2014). Pemberdayaan Masyarakat Miskin, Melalui Proses Pendidikan Nonformal, Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Sosial Di Kabupaten Halmahera Barat. JPPM ( Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat), Vol. 1 No. 1 2014. tersedia di https://journal.uny.ac.id/index.php/jppm/article/view/2360/1959

Rukminto, I. A. (2013). Kesejahteraan Sosial (Pekerjaan Sosial, Pembangunan Sosial, Kajian Pembangunan). Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2010). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan . Bandung : CV Alfabeta.

Suharto, E. (2005). Membangun Masyarakat, Memberdayakan Masyarakat, Kajian Strategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial dan Pekerjaan Sosial. Bandung: PT Refika Aditama.

Sulistyani, A. T. (2004). Kemitraan dan Model-model Pemberdayaan . Yogyakarta : Gava Media.

Winarti, A. (2017). Pendidikan Orang Dewasa (Konsep dan Aplikasi). Bandung: CV Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.21831/jsce.v3i2.19426

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JSCE: Journal of Society and Continuing Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

 


Journal of Society and Continuing Education
p-ISSN: 2987-4955 e-ISSN: 2987-6613
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pls/index
Email: jscepls22@gmail.com
Published by: Faculty of Education and Psychology, Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia