Penerapan Program Pembelajaran Luar Sekolah pada Jalur Pendidikan Formal Di SD Negeri Brosot Galur Kulon Progo

Diah Kurniasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi dan mendeskripsikan tentang: (1) bentuk dan manfaat program pembelajaran luar sekolah, (2) faktor pendukung dan penghambat pembelajaran luar sekolah.. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu guru, pendidik/pendamping pembelajaran luar sekolah, peserta pembelajaran luar sekolah. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah komponensial secara induktif dengan metode interaktif yang meliputi: pengumpulan, reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data yang digunakan adalah trianggulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) bentuk program pembelajaran luar sekolah di SD Brosot yaitu outbond, field trip dan ekstrakurikuler. Manfaat yang diperoleh setelah mengikuti program pembelajaran luar sekolah ini adalah siswa dapat menimba ilmu dengan metode pembelajaran yang menyenangkan sehingga mengurangi rasa bosan. Siswa juga dapat mengembangkan bakat dan minat diri secara maksimal serta meraih prestasi dari hasil belajar bersama pendamping/pendidik pembelajaran luar sekolah. (2) Faktor pendukung pembelajaran luar sekolah: adanya keterlibatan dari pihak sekolah dan orangtua/wali siswa; antusiasme siswa terhadap program pembelajaran luar sekolah; fasilitas dari sekolah untuk menunjang pembelajaran luar sekolah. Faktor penghambat: kurangnya SDM pendidik/pendamping pembelajaran luar sekolah yang berkompeten dan waktu pembelajaran luar sekolah masih belum mencukupi untuk memaksimalkan kegiatan pada ekstrakurikuler kemataraman.

Keywords


Pembelajaran luar sekolah, pendidikan formal, SDN Brosot

Full Text:

PDF

References


Edwin K. (1982). Formal, Nonformal and Informal Structures of Learning. pp. 259-263.

Ginting, A. (2005). Outdoor Learning – Peace Education. Bandung: P3GT.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sudjana, Djudju. 2004. Pendidikan Non Formal. Fallah Production: Bandung




DOI: https://doi.org/10.21831/jsce.v3i1.19355

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JSCE: Journal of Society and Continuing Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

 


Journal of Society and Continuing Education
p-ISSN: 2987-4955 e-ISSN: 2987-6613
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pls/index
Email: jscepls22@gmail.com
Published by: Faculty of Education and Psychology, Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia