Fundraising Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Cakruk Pintar di Desa Caturtunggal Depok Sleman Yogyakarta

Eko Wicaksono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi serta hambatan yang terjadi tentang fundraising di TBM Cakruk Pintar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subyek penelitian adalah ketua dan pengelola TBM Cakruk Pintar, dan pihak eksternal lembaga. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui display data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa. (1) Fundraising: (a) Perencanaannya meliputi analisis kebutuhan, penetapan sasaran, penetapan strategi, penetapan metode, penetapan teknik, penetapan waktu dan tempat, penetapan progran dan penetapan kebutuhan fundraising. (b) Pelaksanaannya melalui kegiatan yang telah ditetapkan dengan pembagian tugas, pemberian wewenang, koordinasi serta pendapatan dan penggunaan perolehan dana. (c) Monitoring dilakukan dengan mengadakan rapat dan berkomunikasi melalui media sosial. Evaluasi dilakukan dengan meminta pendapat masyarakat dan melakukan rapat internal anggota. (2) Hambatan yang terjadi yaitu minimnya SDM, kurangnya kapasitas dari pengelola, pemahaman masyarakat yang kurang tentang fundraising dan persaingan lembaga yang semakin banyak.

Keywords


Fundraising, TBM, Perencanaan, Pelaksanaan, Penilaian

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2008). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Bakar, Abu dan Muhammad. (2011). Manajemen Ogranisasi Zakat. Malang: Madani.

Direktorat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan Direktorat Jenderal PAUD dan Dikmas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2018). Data Taman Bacaan Masyarakat Tahun 2018. Jakarta: Departmen Pendidikan Nasional diakses 24 November 2018 dari http://bindikmas.kemdikbud.go.id/bindiktara/index.php?r=ginfo/index&id=14

Direktorat Pembinaan Pendidikan Masyarakat dan Dirjen PAUDNI. (2012). Petunjuk Teknis Pengajuan dan Pengelolaan Taman Bacaan Masyarakat. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Fattah, Nanang. (2017). Manajemen Pembiayaan Pendidikan: Berbasis Aktivitas Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hasibuan, Malayu S.P. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Krisna, S. (2006). Manajemen Dasar, Pengertian Dan Masalah Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Kalida, Muhsin. (2012). Fundraising Taman Bacaan Masyarakat. Yogyakarta: CV Aswaja Pressindo.

Muhdiyar, Asep. (2013). Manajemen Fundraising Masjid Jami Al-Hidayah Tangerang. Skripsi, tidak dipublikasikan. UIN Syarif Hidayatullah.

Nazir. (2010). Analis Determinan Pendapatan Kaki Lima di Kabupaten Aceh Utara. Tesis, tidak dipublikasikan. Universitas Sumatera Utara.




DOI: https://doi.org/10.21831/jsce.v3i1.19354

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JSCE: Journal of Society and Continuing Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

 


Journal of Society and Continuing Education
p-ISSN: 2987-4955 e-ISSN: 2987-6613
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pls/index
Email: jscepls22@gmail.com
Published by: Faculty of Education and Psychology, Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia