Pemberdayaan Perempuan Melalui Koperasi Wanita Suka Maju Dalam Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Dusun Giriloyo Desa Wukirsari Kabupaten Bantul

Syaifudin Adri Suryono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan program pemberdayaan perempuan melalui Koperasi Wanita Suka Maju. (2) Mengetahui keberhasilan program pemberdayaan perempuan melalui Koperasi Wanita Suka Maju. (3) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat pemberdayaan perempuan melalui Koperasi Wanita Suka Maju.Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif. Subjek dalam penelitian yaitu ketua, pengurus dan anggota Koperasi Wanita Suka Maju yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan pedoman wawancara dan pedoman observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif model interaktif menurut Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Bentuk program pemberdayaan perempuan yaitu: simpan pinjam, arisan anggota dan pelatihan keterampilan. (2) Keberhasilan program dapat dilihat dari: sarana dan prasarana yang sudah memadai, peningkatan partisipasi perempuan dengan bertambahnya jumlah anggota, peningkatan jumlah perempuan yang memiliki peluang mengembangkan karir, dan peningkatan pendapatan. (3) Faktor pendukung antara lain: struktur organisasi koperasi yang jelas, keaktifan pengurus koperasi, adanya motivasi anggota untuk maju, bahan baku dan peralatan memadai dan peran pemerintah dan LSM. Faktor penghambat antara lain: mayoritas anggota koperasi sudah lanjut usia, tingkat pendidikan rendah, munculnya rasa malas dan kesibukan mengurus keluarga.

Keywords


Pemberdayaan Perempuan, Koperasi Wanita Suka Maju, Kesejahteraan Masyarakat

Full Text:

PDF

References


Adi, IR. (2008). Pemberdayaan, Pengembangan Masyarakat dan Intervensi Komunitas. Jakarta: Lembaga Penerbit FEUI.

Badrudin Rudy. (2012). Ekonomika Otonomi Daerah. Yogyakarta: UPP STIM.

Herdiansyah, Haris. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta:Salemba Humanika.

Koentjaraningrat. (2009). Kebudayaan Mentalitet dan Pembangunan. Jakarta: PT. Gramedia.

Milles dan Hubberman. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode- Metode Baru. Jakarta: UI Press.

Moleong, L.J. (1988). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Dirjendikti.

Rudianto (2006). Akuntansi Koperasi, Jakarta: Grafindo.

Rusmiyati, hatarina. (2011). Pemberdayaan Remaja Putus Sekolah: stdi Kasus Pelayanan Sosial PSBR Makkareso, Maros, Sulawesi Selatan. Yogyakarta: B2P3KS PRESS.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Ulfah, Nuni Naelufar. (2010). Pemberdayaan Perempuan Melalui Pelatihan Keterampilan Merajut di PKBM Bina Mandiri Cipageran Cimahi. Bandung: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Yoyon S., Yudan H. (2016). Partisipasi Masyarakat dalam Penyelenggaraan Program Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Ngudi Kapinteran. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM), 3(1), 97-108.




DOI: https://doi.org/10.21831/jsce.v2i2.19195

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JSCE: Journal of Society and Continuing Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

 


Journal of Society and Continuing Education
p-ISSN: 2987-4955 e-ISSN: 2987-6613
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pls/index
Email: jscepls22@gmail.com
Published by: Faculty of Education and Psychology, Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia