Motivasi Belajar Peserta Diduk Kejar Paket B di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kabupaten Sleman

Aisyah Febriana Arisnawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) motivasi belajar peserta didik kejar paket B di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kabupaten Sleman adalah variatif. Motivasi dapat digambarkan melalui indikator motivasi, kehadiran peserta didik yang cukup rendah, kesempatan belajar dirumah digunakan oleh peserta didik untuk mengerjakan tugas/PR yang diberikan oleh pamong belajar. Sikap peserta didik yang beragam yang ditunjukkan dari sikap aktif bertanya dan pasif dalam pembelajaran. Semangat peserta didik yang berbeda-beda. Keinginan untuk berprestasi dimiliki oleh beberapa peserta didik. Kemandirian dalam belajar peserta didik yang memanfaatkan layanan internet, bantuan keluarga, dan memamfaatkan fasilitas yang dimiliki oleh SKB Sleman. (2) faktor yang mempengaruhi motivasi belajar peserta didik adalah faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik. Faktor intrinsik yang mempengaruhi adalah minat, cita-cita, dan kondisi peserta didik. Sedangkan faktor ekstrinsik adalah dorongan orang tua, pujian, peran pamong belajar, fasilitas yang dimiliki SKB, kondisi lingkungan, teman sebaya dan adanya imbalan ijzah yang akan diterima.

Keywords


Motivasi, Program Pendidikan Kesetaraan, Paket B

Full Text:

PDF

References


Kamil, Mustofa. (2011). Pendidikan Nonformal Pengembangan Melalui Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) di Indonesia (Sebuah Pembelajar dari Kominkan di Jepang). Bandung: Alfabeta.

Ningrum, Dwi, Marta dan Sujarwo, S (2017). Pemberdayaan Pedagang pasar Tradisonal dalam Podok Komunitas Belajar di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Sleman. JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(3), 2017, 199-214. Diakses pada tanggal 25 September 2018 pukul 10.30 Wib melalui: http://dx.doi.org/10.21831/jppm.v4i2.1355 4

Mappa, Syamsu. dan Basleman, Anisah. (1994). Teori Belajar Orang Dewasa. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Siswoyo, Dwi. dkk. (2011). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sardiman. (2006). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan kuantitaftif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.21831/jsce.v2i2.19194

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JSCE: Journal of Society and Continuing Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

 


Journal of Society and Continuing Education
p-ISSN: 2987-4955 e-ISSN: 2987-6613
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pls/index
Email: jscepls22@gmail.com
Published by: Faculty of Education and Psychology, Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia