Upaya Pengelola Dalam Meningkatkan Etos Kerja Anggota Kelompok Wanita Tani (KWT) Ngudi Lestari di Dusun Mendongan Desa Bandung Kecamatan Playen Gunungkidul

Adelia Alvi Nuraini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan bagaimana peningkatan etos kerja untuk dapat meningkatkan semangat kerja anggota kelompok KWT Ngudi Lestari. 2) Mendeskripsikan hasil peningkatan etos kerja untuk meningkatkan semangat kerja dan hasil produksi. 3) Mengetahui faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat Kelompok Wanita Tani Ngudi Lestari dalam meningkatkan etos kerja untuk meningkatkan semangat kerja dan hasil produksi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah tokoh masyarakat, pengurus, PPL (Petugas Penyuluh Lapangan) dan anggota KWT (Kelompok Wanita Tani) Ngudi Lestari. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrument utama dalam penelitian dengan dibantu pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah display data, reduksi data dan pengambilan simpulan. Keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triagulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Pelaksanaan program peningkatan etos kerja di KWT Ngudi Lestari meliputi beberapa tahapan yaitu: perencanaan, pelakasanaan dan evaluasi. 2) Hasil yang dicapai meliputi beberapa aspek yaitu: aspek pengetahuan dan ekonomi. Aspek pengetahuan ditandai dengan kepemilikan ketrampilan untuk meningkatkan semangat kerja. Sedangkan aspek ekonomi ditandai dengan meningkatnya hasil produksi dalam setiap harinya sehingga pendapatan yang dihasilkan juga beertambah. 3) faktor pendukung meliputi faktor internal dan eksternal. Faktor internal berasal dari dalam kelompok yaitu, anggota kelomppok memiliki tujuan yang sama untuk meningkatkan etos kerja diri dan sumber daya manusia yang mendukung. Faktor eksternal berasal dari luar yaitu adanya berbagai dukungan dari berbagai pihak baik dari pemerintah, masyarakat setempat dan juga adanya sumber daya alam yang mendukung.

Keywords


Etos Kerja, Kelompok Wanita Tani

Full Text:

PDF

References


Ali Hasan. (2009). Manajemen Bisnis Syariah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ambar Teguh Sulistiyani & Rosidah. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Antonius, Septian. (2014). “Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dan Etos Kerja Pada Pegawai Negara Sipil Kota Yogyakarta”. Skripsi. Program Studi Psikologi, FKIP. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta: tidak diterbitkan.

Anoraga, P. (2014). Psikologi Kerja. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Asmarani, U. (2007). Pengaruh Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja dan Budaya Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Bidang Rekam Medik Rumah Sakit Kanker Dharmais Jakarta.

Astuti & Nur A. (2010). Analisis Efektifitas Kelompok Tani di Kecamatan Gatak Kabupaten Sukoharjo. Skripsi, tidak diterbitkan, Universitas Sebelas Maret.

Cholid Narbuko dan Abu Achamadi. (2009). Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara, cet 10.

Dr. Faustino Cardoso Gomes. M. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: ANDI Yogyakarta.

Edy Sutrisna. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kemcana.

Gustiawan, W. (2013). Motivasi Karyawan Dalam Perspektif Islam. Polibisnis, 5(1), 64–76.

Hamali, A. Y. (2013). Pengaruh Motivasi Terhadap Produktivitas Kerja: Studi Kasus pada PT X Bandung, The Winners. 14, 77-86.

Hariadi, S.S. (2011). Dinamika Kelompok (Teori dan Aplikasi untuk Analisis Keberhasilan Kelompok sebagai Unit Belajar, Kerjasama, Produksi, dan Bisnis. Yogyakarta: Penerbit Sekolah Pascasarjana UGM.

Harsono, J dan Santoso, S. (2006). Etos Kerja Pengusaha Muslim Perkotaan di Kota Ponorogo. Jurnal penelitian Humaniora, Vol 3, No 1, hal:56.

Hasibuan, SP Malayu. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Hendro. (2011). Dasar-dasar Kewirausahaan Panduan Bagi Mahasiswa untuk Mengenal, Memahami, dan Memasuki Dunia Bisnis. Jakarta: Erlangga.

Hiryanto. (2008). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pendidikan Nonformal. Makalah PPM Pemberdayaan Masyarakat. Yogyakarta: Bappeda Kabupaten Bantul.

Jansen Sinamo. 2011. 8 Etos Kerja Profesional. Bogor: PT Grafika Mardi Yuana.

John W, Creswell. (2010). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Lexy J. Moleong. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Prakasa, G. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Mediasi.

Prastowo, A. (2012). Metode Penelitian Kualitatuf dalam Prespektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Prihatoro, A. (2012). Peningkatan Kinerja Sumber Daya Manusia Melalui Motivasi, Disiplin, Lingkungan Kerja dan Komitmen (Studi Kasus Madrasah di Lingkungan Salafiyah, Kajen, Margoyoso, Pati. Value Added, 8(2), 78-98.

Prof. Dr. Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Cetakan 9. Bandung: Alfabet Bandung.

Saugi, W., & Sumarno, S. (2015). Pemberdayaan perempuan melalui pelatihan pengolahan bahan pangan lokal. JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat). 2(2), 226-238. doi: http://dx.doi.org/10.21831/jppm.v2i2.6 361.

S. Nasution. (2003). Metodologi Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsiko.

Sofyan, Mochlasin. (2010). Islam dan Etos Kerja. Salatiga: STAIN Salatiga PRESS.

Sinamo, Jansen H. (2011). Etos Kerja Profesional Navigator Anda Menuju Sukses. PT Spirit Mahardika. Jakarata.

Suriansyah. (2015). Pengaruh Motivasi dan Etos Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Sekretariat Daerah Kabupaten Kotabaru. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, Vol 1, No 1, Maret 2015, hal 104 – 113.

Tasmara, Toto. (2002). Membudidayakan Etos Kerja Islami. Jakarta: Gama Insani.

Yunarifah, Usri Nani dan Lilik Kustiani. Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Kebon Agung Malang. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, Vol. No.

Zuriah, N. (2006). Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.21831/jsce.v1i3.19090

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JSCE: Journal of Society and Continuing Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

 


Journal of Society and Continuing Education
p-ISSN: 2987-4955 e-ISSN: 2987-6613
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pls/index
Email: jscepls22@gmail.com
Published by: Faculty of Education and Psychology, Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia