Pelaksanaan Pembinaan Mantan Preman Di Pondok Pesantren Al Hasani

Siti Qorinah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembinaan mantan preman di Pondok Pesantren Al Hasani. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penentuan subjek penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Subjek penelitian berjumlah limaorang yaitu pengasuh pondok pesantren dan 4 warga belajar yang berlatarbelakang mantan preman. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan Penelitian ini menggunakan keabsahan data dengan trianggulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan pembinaan mantan preman di Pondok Pesantren Al Hasani mencakup aspek-aspek sasaran, pendekatan, dan metode didalam pembinaan, (2) proses belajar mantan preman meliputi motivasi mantan preman dalam mengikuti pembinaan, materi yang dipelajari dalam proses belajar, dan kesulitan yang dihadapi, (3) terdapat perubahan sikap dan perilaku positif pada mantan preman terhadap Tuhannya, dirinya sendiri, dan lingkungan disekitarnya.

Keywords


Pembinaan, Mantan Preman, Pondok Pesantren

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (1989). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Bima Aksara.

Atiq, Roi. (2018). Pola Pembinaan Santri Dalam Mengembangkan Jiwa Kewirausahaan di Pesantren Riyadlul Jannah Mojokerto dan Pesantren Mukmin Mandiri Sidoarjo. Tesis. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Aunurrahman. (2010). Belajar dan Pembelajaran.Bandung: Alfabeta.

Baihaki dan Rasyad, A. (1986). Sejarah Pendidikan Islam Di Indonesia.Jakarta: Dirjen Pembinaan Kelembagaan Agama Islam.

Hardjana, M.A. (1986). Pembinaan Arti dan Metodenya. Yogyakarta: Kanisius.

Hardjana, M.A. (1986). Pembinaan Arti dan Metodenya. Yogyakarta: Kanisius.

Indrakusuma, A.D. (1973). Pengantar Ilmu Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Jabar, C.S.A, dkk. (2016). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Kunarto. (1999). Kejahatan Berdimensi Baru. Jakarta: Cipta Manunggal.

Meleong, L. J. (2004). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Nasir, R. (2005). Mencari Tipologi Format Pendidikan Ideal: Pondok Pesantren di Tengah Arus Perubahan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Prabowo, A. (2018). Pembinaan Keagamaan Bagi Narapidana. Skripsi S1.

Sabeni, A.d. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Pustaka Setia.

Simanjuntak (1990). Membina dan Mengembangkan Generasi Muda.Bandung: Tarsito.

Sudjana. (2004). Manajemen Program Pendidikan: untuk Pendidikan Nonformal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia.Bandung: Falah Production.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R& D. Bandung: Alfabeta.

Thoha, M. (2004). Pembinaan Organisasi.

Jakarta: Rajawali Pers.

Thoha, M. (2004). Pembinaan Organisasi.

Jakarta: Rajawali Pers.

ZI, Marwahah. (2017). Pembinaan Keagamaan Bagi Mantan Preman di Pondok Pesantren Nurul Ulum Kacuk-Malang.Skripsi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.Zubaedi. (2012). Pendidikan Berbasis Masyarakat: Upaya Menawarkan Solusi Terhadap Berbagai Problem Sosial.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.21831/jsce.v1i1.19059

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JSCE: Journal of Society and Continuing Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

 


Journal of Society and Continuing Education
p-ISSN: 2987-4955 e-ISSN: 2987-6613
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pls/index
Email: jscepls22@gmail.com
Published by: Faculty of Education and Psychology, Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia