PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBUAT SANDAL JEPIT UNTUK ANAK AUTIS KELAS III SMALB BINA ANGGITA, YOGYAKARTA

Uci Devi Handayani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran keterampilan membuat sandal jepit untuk anak autis kelas III SMALB Bina Anggita, Yogyakarta.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian adalah 2 anak autis kelas III SMALB Bina Anggita, Yogyakarta. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di SLB Bina Anggita Yogyakarta pada bulan November 2016 sampai Maret 2017. Analisis data pada penelitian ini menggunakan langkah penyajian data, reduksi data, display data dan verifikasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1) Perencanaan pembelajaran keterampilan membuat sandal jepit belum dibuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). 2) Pelaksanaan pembelajaran keterampilan membuat sandal jepit sama seperti tahapan pembelajaran lainnya, dimulai dari kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir. 3) Evaluasi yang dilakukan berupa evaluasi sumatif yaitu evaluasi untuk menentukan dan melihat angka kemajuan hasil belajar anak dalam suatu program yang direncanakan, dan dilakukan pada akhir semester yang dimasukan dalam nilai rapot berupa angka dan catatan deskrpitif. 4) Kondisi sarana prasarana yang tersedia dalam pelaksanaan pembelajaran keterampilan membuat sandal jepit cukup baik dan sudah sesuai dengan kebutuhan anak autis.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter