PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BUKU POP-UP PADA ANAK CEREBRAL PALSY KELAS IV SLB G DAYA ANANDA KALASAN

Hanum Zulfa Afifah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan media Buku Pop-Up dan mengetahui hasil peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui media Buku Pop-Up bagi siswa cerebral palsy kelas IV SLB G Daya Ananda Kalasan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SLB G Daya Ananda Kalasan. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas kelas IV SLB G Daya Ananda Kalasan. Teknik analisis data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah teknik kuantitatif yaitu dengan cara membandingkan data skor pre-test dan skor post-test. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu instrumen tes kemampuan membaca permulaan dan instrumen pengamatan aktivitas siswa dan kinerja guru. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Subjek DAP memperoleh skor 50 pada tes sebelum tindakan, skor 60 pada tes sesudah tindakan siklus I, dan skor 80 pada tes sesudah tindakan siklus II.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter