IDENTIFIKASI HAMBATAN-HAMBATAN GURU DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH INKLUSIF SD NEGERI 2 PETIR PIYUNGAN, BANTUL

Dayinta Galih Jalanidhi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan-hambatan apa saja yang dialami guru dalam pembelajaran di kelas inklusif di SD N 2 Petir Piyungan, Bantul. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Subjek penelitian meliputi guru kelas inklusif, yaitu guru kelas II, III, IV dan V. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu pedoman wawancara dan pedoman observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan model interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dengan metode triangulasi teknik pengumpulan data. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hambatan-hambatan yang dialami guru kelas inklusif di SD Negeri 2 Petir antara lain: 1) materi pembelajaran yang tidak tersampaikan secara utuh, 2) pemilihan dan penggunaan strategi dan metode pembelajaran yang tepat untuk semua siswa 3) kebijakan penilaian yang berlaku, 4) modifikasi kurikulum.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter