PENGARUH MEDIA FUN THINKERS TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS ANAK TUNARUNGU KELAS VII SMPLB-B DI SLB WIYATA DHARMA 1 SLEMAN

Emi Sri Kurniawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Media Fun Thinkers terhadap penguasaan
kosakata Bahasa Inggris anak tunarungu kelas VII SMPLB-B di SLB Wiyata Dharma 1 Sleman.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen. Desain
penelitian yang digunakan yaitu one group pretest-posttest design. Subjek penelitian menggunakan
dua siswa tunarungu kelas VII SMPLB-B yang mengikuti pembelajaran Bahasa Inggris. Pengumpulan
data menggunakan tes. Analisis data yang digunakan menggunakan statistik non parametrik jenis tes
tanda. Hasil penelitian dari hasil uji tes tanda yang memperoleh Thitung = 0 (α = 0,05), jadi Th ≤ Tα,
maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini berarti Media Fun Thinkers berpengaruh terhadap
penguasaan kosakata Bahasa Inggris anak tunarungu kelas VII SMPLB-B di SLB Wiyata Dharma 1
Sleman. Pengaruh Media Fun Thinkers terhadap penguasaan kosakata anak tunarungu kelas VII
SMPLB-B di SLB Wiyata Dharma 1 Sleman ditunjukkan dengan adanya peningkatan skor hasil
pretest dan posttest. Rata-rata skor pretest yang didapatkan yaitu 58,5 dan rata-rata skor posttest 90.
Dimana terjadi kenaikan skor sebesar 31,5%. Hasil penelitian ini sesuai dengan tipe belajar anak
tunarungu yaitu pemata, yang akan tertarik dengan media yang menyajikan gambar yang menarik
seperti Media Fun Thinkers.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter