PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BENDA MELALUI MEDIA GAMBAR BERBASIS LINGKUNGAN PADA SISWA TUNARUNGU KELAS DASAR I DI SLB WIYATA DHARMA 1 SLEMAN

Defitasari Defitasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan
penguasaan kosakata benda melalui media gambar berbasis lingkungan siswa tunarungu kelas dasar I
di SLB Wiyata Dharma 1 Sleman. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model
Kemmis dan McTaggart. Subjek penelitian yaitu siswa tunarungu AL dan LT. Teknik pengumpulan
data menggunakan observasi dan tes penguasaan kosakata. Teknik analisis data yang digunakan yaitu
deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan media gambar
berbasis lingkungan dapat memeperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan penguasaan
kosakata benda pada siswa. Hal tersebut terlihat dari perhatian, aktivitas, dan respon siswa selama
mengikuti pembelajaran. Hasil penguasaan kosakata pada tes pra tindakan, AL mendapatkan skor 50
dan LT mendapat skor 40. Pada siklus I siswa AL mendapat skor 65 dan LT mendapat skor 50. Pada
siklus II seluruh siswa mampu memenuhi KKM yang telah ditetapkan, siswa AL mendapatkan skor
85 dan LT mendapatkan skor 70.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter